PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG MUSLIM DESA BENGKEL KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA

Dewi Meilani Kesuma, NIm.: 00410497 (2005) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG MUSLIM DESA BENGKEL KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG MUSLIM DESA BENGKEL KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA)
00410497_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG MUSLIM DESA BENGKEL KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA)
00410497_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam dan materi yang Jiberikan bagi anak-anak pada keluarga pedagang Muslim. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat diterapkan oleh para orang tua khususnya keluarga pedagang dodol tersebut bahwa pendidikan agama Islam bagi anak-anak memerlukan perhatian yang intensif agar terbentuk manusia yang berkepribadian Muslim. Penelitian ini merupakan penelitiari kualitatif (dengan mengambil latar pedagang Muslim desa Bengkel Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil pene!itian menunjukkan: (I) Pelaksanaan pendidikan agama Islam yang dilakukan para orang tua keµada anak-anaknya dimulai dari anak bangun tidur sampai menjelang anak tidur kembali pada malam hari, yang semuanya itu dilakukan ajaran agama Islam. Orang tua mendidik, melatih, dan membiasakannya secara terns menerus dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarganya. Adapun usaha-usaha yang sering dipraktekkan oleh orang tua dalam memberikan pendidikan agama Islam diantaranya adalah a) melatih anak shalat, b) melatih anak berpuasa pada bulan Ramadhan, c) membiasakan anak berdoa sebclum dan sesudah makan, d) membiasakan anak-anak untuk ikut kerja bakti di lingkungan keluarga, dan e) melatih anak untuk saling tolong menolong kepada sesama manusia (2) Materi pendidikan agama Islam yang diberikan keluarga pedagang Muslim di desa Bengkel kepada anak-anaknya adalah a) pendidikan rohani yang meliputi keimanan seperti menanamkan keimanan tentang hari akhir, ibadah seµerti membiasakan membaca Al-Qur'an, dan mengajak anak untuk melaksanakan shalat berjamaah, dan akhlak seperti melatih interaksi sosial anak kepada manusia b) pendidikan jasmani yang meliputi kesehatan seperti menjaga kesehatan dari makanan dan minuman, dan c) pendidikan akal yang meliputi wawasan seperti anak mampu menggunakan akalnya untuk berfikir tentang segala sesuatu, dan tadabbur alam seperti menikmati akan kebesaran Allah sebagai Maha Pencipta. Semua itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pedagang; Pendidikan Agama Islam; orangtua
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 11:06
Last Modified: 05 Oct 2023 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum