POLA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA DUSUN CEPOKOJAJAR DESA SITIMULYO KEC. PIYUNGAN KAB. BANTUL YOGYAKARTA ( Tinjauan Materi dan Metode )

Ropian, NIM.: 00410 209 (2005) POLA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA DUSUN CEPOKOJAJAR DESA SITIMULYO KEC. PIYUNGAN KAB. BANTUL YOGYAKARTA ( Tinjauan Materi dan Metode ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MIFT AHUL HUDA DUSUN CEPOKOJAJAR DESA SITIMULYO KEC. PIYUNGAN KAB. BANTUL YOGYAKARTA ( Tinjauan Materi dan Metode ))
00410209_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MIFT AHUL HUDA DUSUN CEPOKOJAJAR DESA SITIMULYO KEC. PIYUNGAN KAB. BANTUL YOGYAKARTA ( Tinjauan Materi dan Metode ))
00410209_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pola pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda yang kami tinjau dari segi materi dan metode yang digunakan dalam proses pembelajarannya serta berusaha mengetahui segala aktifitas keseharian para santri dari pagi samapai pagi lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian sebuah Pondok Pesantren yang bertempat di Dusun Cepokojajar Desa Sitimulyo Kee. Piyungan Kab. Bantu! Yogyakarta yaitu Sebuah Pondok Pesantren Salaf Miftahul Huda. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawaneara seeara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan terhadap data yang telah terkumpul dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola atau Model Pendidikan Ponpes. Miftahul Huda adalah Pola Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah, yang masih mempertahankan jenis metode pengajarannya serta materi yang digunakan masih bersifat klasik atau tradisional yakni, sorogan, bandongan, dan ceramah, namun tidak menutup menutup kemungkinan bahwa pemakaian metode yang lebih modern atau yang sering disebut dengan metode diskusi juga tetap di gunakan. Artinya bahwa Pondok Pesantren ini memang tidak mau kalau disebut dengan Pondok Pesantren modern (kalaf).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs.H. HMS. Prodjodikoro
Uncontrolled Keywords: pesantren; pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 11:15
Last Modified: 05 Oct 2023 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum