PENGEMBANGAN KlJRIKlJLlJM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTH'AQlAH SUMA TERA SELATAN

Tsuwaibatul Aslamiah, NIM. 99414197 (2004) PENGEMBANGAN KlJRIKlJLlJM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTH'AQlAH SUMA TERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KlJRIKlJLlJM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTH'AQlAH SUMA TERA SELATAN)
99414197_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KlJRIKlJLlJM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTH'AQlAH SUMA TERA SELATAN)
99414197_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum PAI yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Pondok pesantren AL-ittifaqiah meliputi 4 aspek, yaitu; (a). Tujuan yang bersumber pada tujuan Pendidikan Islam yang mempertinggi nilai-nilai akhlak hingga mencapai tingkat akhlakul karimah. (b ). Materi adalah isi kurikulum berupa bahan kajian dan pelajaran, (c). Metode atau cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. ( d). Evaluasi adalah penilaian yang dilakukan oleh para pendidik untuk mengetahui kemampuan murid-murid. Dalam upaya Pengembangan Kurikulum PAI di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Sumatera Selatan, terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor yang mendukung dalam Pengembangan Kurikulum PAI di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-ittifaqiah terdiri dari; (a). Lingkungan pendidikan, yaitu karena Madrasah Aliyah yang berada di Lingkungan Pesantren, (b). Guru sebagai tenaga pengajar Profesional yang berasal dari para alumni Pesantren dan para sai:_jana-sarjana luar negeri, (c ). Masyarakat yang ada disekitar Madrasah merupakan masyarakat homogen atau heterogen, ( d). Sistem nilai moral, sosial, budaya dan pilitis, ( e ). Orang Tua Siswa sebagai pendidik yang pertama untuk memenuhi kebutuhan sebelum pendidik di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabarudin, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam, Madrasah Aliyah Pondok pesantren al-Itth'aqlah Sumatera Selatan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Oct 2023 11:57
Last Modified: 05 Oct 2023 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum