PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SUCEN 2, SALAM, MAGELANG

Wafiq Isna Maulya Adha, NIM: 18104030062 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SUCEN 2, SALAM, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SUCEN 2, SALAM, MAGELANG)
18104030062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SUCEN 2, SALAM, MAGELANG)
18104030062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tiga dari sepuluh murid usia 5-6 tahun di TK ABA Sucen 2 dari aspek perkembangan agamanya belum berkembang secara maksimal. Dalam hal ini ditandai dengan sikap anak dari segi nilai ibadah anak yang belum berkembang dalam kegiatan sehari-hari seperti: kegiatan sholat, mengaji yang sering mereka tinggalkan ataupun lupakan karna keasyikan bermain dengan (Gadget), serta beberapa kali dijumpai kurangnya sikap tidak sopan kepada orang yang lebih dewasa, dan juga anak yang berani membantah orang tua ketika sesekali disuruh mengerjakan sholat dan mengaji di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sucen 2, Salam, Magelang; (2) faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sucen 2, Salam, Magelang. Jenis metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2022 yang bertempat di TK ABA Sucen 2, Salam, Magelang pada Kelompok Usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru Kelas, serta 10 wali murid TK ABA Sucen 2 pada usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) Peran orang tua dalam mengembangkan nilai agama anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sucen 2 yaitu orang tua sudah berperan sebagai pendidik, orang tua sebagai pendorong, orang tua sebagai panutan dan juga orang tua sebagai pengawas; (2) faktor pendukung yaitu berasal dari lingkungan keluarga serta kerjasama antara orang tua dan guru, sedangkan faktor penghambat yaitu lingkungan masyarakat, Mood anak yang buruk, dan kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peran orang tua; nilai agama; anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2023 12:58
Last Modified: 06 Oct 2023 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum