Amri Wahyuni, NIM: 18104090075 (2023) PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP VIP (Versi Integrasi Pesantren) AL HUDA KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP VIP (Versi Integrasi Pesantren) AL HUDA KEBUMEN)
18104090075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP VIP (Versi Integrasi Pesantren) AL HUDA KEBUMEN)
18104090075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis terhadap pendidikan karakter mandiri dan tanggung jawab di PP Al-Huda yang diterapkan melalui sistem boarding school. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan dan besaran hubungan dari sistem boarding school terhadap karakter mandiri dan tanggung jawab peserta didik kelas IX di SMP VIP Al-Huda Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMP VIP Al-Huda Kebumen dengan sampel sebanyak 160 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling, dengan tujuan memperoleh sampel yang representatif dilihat dari populasi peserta didik yang berstrata secara proporsional. Variabel indepandent dalam penalitian ini adalah boarding school (X) dan variabel dependent yaitu karakter mandiri (Y1) dan karakter tanggung jawab (Y2). Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sementara itu, metode analisis data dengan ststistik deskriptif, asumsi klasik dan statistik inferensial dengan alat bantu berupa SPSS versi 25.0. Hasil perhitungan distribusi menunjukan bahwa (1) tingkat boarding school mayoritas berada pada ketegori sedang yakni 112 (70%) dari 160 sampel. (2) tingkat karakter mandiri mayoritas berada pada ketegori sedang yakni 118 (73.8%) dari 160 sampel. (3) tingkat karakter tanggung jawab mayoritas berada pada ketegori sedang yakni 108 (67.5%) dari 160 sampel. (4) analisis regresi sederhana antara boarding school (X) dan karakter mandiri (Y1) menunjukan nilai koefisien sebesar 0.164 dengan persamaan Y1 : 20.956+0.430X yang artinya variabel X dan variabel Y1 memiliki hubungan yang positif dan signifikan. (5) analisis regresi sederhana antara boarding school (X) dan karakter tanggung jawab (Y2) menunjukan nilai koefisien sebesar 0.112 dengan persamaan Y2 : 25.843+0.365X yang artinya variabel X dan variabel Y2 memiliki hubungan yang positif dan signifikan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Boarding School, Karakter Mandiri, Karakter Tanggung Jawab, PP Al-Huda Jetis, SMP VIP Al-Huda Kebumen. |
| Subjects: | Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 06 Oct 2023 15:26 |
| Last Modified: | 06 Oct 2023 15:26 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60864 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
