PROBLEMATIKA BELAJAR AL-QUR' AN DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING-SLEMAN YOGYAKARTA

Layyinah, NIM.: 00410498 (2004) PROBLEMATIKA BELAJAR AL-QUR' AN DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING-SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMA TIKA BELAJAR AL-QUR' AN DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING-SLEMAN YOGYAKARTA)
00410498_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMA TIKA BELAJAR AL-QUR' AN DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING-SLEMAN YOGYAKARTA)
00410498_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Materi Agama Islam diberikan sebagai materi pokok yang harus disampaikan dalam kegiatan belajar di sekolah. SLTP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman adalah Sekolah Menengah Tingkat Pertama yang berada di bawah organisasi Muhammadiyah yaitu bentuk sekolah umum yang menjadi jenjang persekolahan bagi anak-anak yang hendak melanjutkan sekolahnya dengan disertai keinginan mendalami keagamaan lebih banyak dan menggunakan kurikulum yang tidak berbeda dcngan sckolah yang bercirikan Islam. Penyampaian materi Pendidikan Agama Islam di sekolah dilakukan dengan cara merinci menjadi beberapa bidang studi yaitu: Aqidah, lbadah/Mua'malah, Akhlak, Tarikh, al-Qur'an/al-Hadits, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, penulis rnenggunakan analisis deskriptif, yaitu menguraikan data dengan apa adanya kernudian dianalisa dengan berdasarkan pada data tersebut. Kemudian data yang bersifat kuantitatif akan dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan bentuk sederhana yaitu dengan rumus. Hasil penelitian ini adalah Hasil yang dicapai setelah adanya berbagai usaha yang telah dilakukan guru al-Qur'an dalam mengatasi problem belajar al-Qur'an adalah ada kemajuan dalam belajar siswa, banyak siswa yang sudah lebih baik bacaanya, dapat menulis al-Qur'an, siswa sedikit mengetahui arti kosa kata yang sederhana, serta siswa banyak yang mulai menghafal ayat­ayat al-Qur'an. Siswa lebih rajin dan aktif dalam mengikuti pelajaran al-Qur'an karena terns dirnotivasi oleh guru. Siswa juga sudah mempunyai kesiapan dalarn mernpelajari al-Qur'an, banyak siswa yang sudah memiliki buku wajib, guru sudah rnernvariasikan metode mengajar, adanya perhatian dari orang tua siswa dalarn rnernantau perkernbangan belajar anaknya serta siswa sudah rnulai bisa memilih teman bergaul yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran; membaca; menulis; minat siswa; guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 14:48
Last Modified: 05 Oct 2023 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum