TlNJAUAN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUI PEMBIAYAAN BERMASALAH STUDI PADA JARINGAN BMT AMRATANI GROUP YOGYAKARTA

Naila Saadah, NIM.: 02391405 (2007) TlNJAUAN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUI PEMBIAYAAN BERMASALAH STUDI PADA JARINGAN BMT AMRATANI GROUP YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TlNJAUAN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUI PEMBIAYAAN BERMASALAH STUDI PADA JARINGAN BMT AMRATANI GROUP YOGYAKARTA)
02391405_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TlNJAUAN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUI PEMBIAYAAN BERMASALAH STUDI PADA JARINGAN BMT AMRATANI GROUP YOGYAKARTA)
02391405_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu aktifitas utama yang dijalankan oleh Jaringan BMT Amratani Group Yogayakarta, dan aktifitas tersebut mempunyai risiko yang lebih dibandingkan dengan aktifitas yang lain. Karena dalam pembiayaan mempunyai unsur waktu pengembalian pembiayaan yang diberikan. Dalam pembiayaan, prinsip kehati-hatian harus selalu diterapkan agar pembiayaan yang telah diberikan tidak menjadi pembiayaan yang bermasalah. Selain itu, pengawasan dan pembinaan kepada nasabah harus selalu dilakukan agar nasabah tidak menyalahgunakan pembiayaan yang telah diterimanya. Pokok masalah yang coba dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor internal debitur (X1), internal BMT (X2), informasi akuntansi (X3), serta ekonomi dan bencana alam (X4) terhadap pembiayaan bermasalah(Y) pada BMT Amratani Group Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research,) data diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, dan kuisioner (angket) yang berjumlah 31. Sampel yang diambil adalah karyawan bagian pembiayaan. Hasil angket tersebut kemudian diolah secara kuantitatif menggunakan program SPSS. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda karena variabel independen lebih dari satu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa variabel independen (X1, X2, X3, dan X4) berpengaruh secara signifikan terhadap pembiayaan bermasalah (Y) sebesar 0.76, sedangkan secara parsial pengaruh paling tinggi adalah X3 sebesar 0.419 dan terendah adalah X4 sebesar 0.222, dan X1 serta X2 masing-masing sebesar 0.274 dan 0.336. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalmn penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si. SLAMET HARYONO, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bank Islam, Pembiayaan, Akuntansi
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:42
Last Modified: 09 Oct 2023 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum