KONTRIBUSI PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH SISW A KELAS II SLTP MUHAMMADIY AH I YOGYAKARTA

Hendra Hermawan Saputra, NIM.: 00410235 (2005) KONTRIBUSI PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH SISW A KELAS II SLTP MUHAMMADIY AH I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH SISW A KELAS II SLTP MUHAMMADIY AH I YOGYAKARTA)
00410235_BAB I_ BAB PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH SISW A KELAS II SLTP MUHAMMADIY AH I YOGYAKARTA)
00410235_ BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya Kontribusi Pendidikan Akhlak Terhadap Ketaatan Pada Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas lI SL TP Muharnmadiyah I Y ogyakarta. Sedangkan rnetode sampling yang digunakan dalarn penelitian ini adalah metode ordinal. Cara pengambilan sampel dalam metode ordinal yaitu dengan cara memilih salah satu dari semua subyek, obyek peristiwa atau kelornpok yang akan diteliti. Dalam hal ini jumlah kelas yang dipilih adalah satu kelas dari 6 kelas yang terdapat dalarn kelas II di SLTP Muhammadiyah I Yogyakarta. Kelas yang diambil sebagai sampel adalah kelas II A3 dengan jumlah responden 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan : I). Pendidikan akhlak bagi siswa kelas II SL TP Muhammadiyah I Yogakarta dilaksanakan dalam dua sistem yaitu pendidikan di dalam kelas dan di Iuar kelas. Pendidikan akhlak di dalam kelas dijabarkan pada materi pelajaran akhlak secara khusus dan terintegrasi dalam setiap rnateri keagamaan pendidikan Islam. Guru selalu mengaitkan materi keagamaan dengan nilai-nilai etika dan moral. Selain itu pula guru SLTP Muharnmadiyah rnemberikan keteladanan terhadap peraturan tata tertib seperti datang tepat waktu dan rnengakhiri pelajaran tepat waktu, berpakaian rapi. Sedangkan pendidikan di luar kelas rneliputi keteladanan guru dan staff sekolah, pembinaan rohani, pendidikan jasmani serta pembinaan wali kelas dan BP. 2.). Ketaatan siswa kelas Il SLTP Muhammadiyah l Y ogyakarta terhadap tata tertib sekolah cukup tinggi hal ini tercermin dalam perilaku ketaatan mereka dalam hal berpakaian rapi, datang tepat waktu, sopan santun. Meskipun ada pelanggaran tapi jumlahnya sedikit dan tingkat pelanggarannya termasuk dalam kategori rendah hanya sebatas keterlambatan, tidak masuk kelas dan bolos. Sedangkan pelanggaran yang bersifat fatal seperti melawan guru, meminum minuman kera5 tidak ada sama sekali. 3). Berda5arkan ha5il penelitian kontribusi yang diberikan dengan adanya pendidikan akhlak terhadap ketaatan siswa kelas II terhadap tata tertib adalah adanya pengaruh positif yang signifikan yaitu semakin tinggi tingkat pendidikan akhlak dan pemahaman siswa mengenai akhlak terpuji dan tercela semakin meningkatkan ketaatan terhadap tata tertib. Berdasarkan olah data kuantitatif dijelaskan bahwa ketaatan siswa terhadap tata tertib 66,2 % dipengaruhi oleh pendidikan akhlak dengan taraf signifikansi sebesar 0,819 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan akhlak dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah. Sedangkan 33,8 % dipengaruhi oleh faktor pshikologis anak, keluarga dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan akhlak; siswa; guru; minuman keras; perkelahian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2023 12:53
Last Modified: 06 Oct 2023 12:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum