KEBIJAKAN MANAJEMEN DALAM MENJAGA TRADISI KURIKULUM SALAF PASCA ERA REFORMASI DI MADRASAH ALIYAH QUDSIYYAH MENARA KUDUS DI KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH

KHAFIDH NOOR FAIZI - NIM. O6240030, (2011) KEBIJAKAN MANAJEMEN DALAM MENJAGA TRADISI KURIKULUM SALAF PASCA ERA REFORMASI DI MADRASAH ALIYAH QUDSIYYAH MENARA KUDUS DI KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN MANAJEMEN DALAM MENJAGA TRADISI KURIKULUM SALAF PASCA ERA REFORMASI DI MADRASAH ALIYAH QUDSIYYAH MENARA KUDUS DI KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN MANAJEMEN DALAM MENJAGA TRADISI KURIKULUM SALAF PASCA ERA REFORMASI DI MADRASAH ALIYAH QUDSIYYAH MENARA KUDUS DI KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Kebijakan Manajemen adalah instruksi, petunjuk, atau perintah yang berlaku tetap dari manajemen puncak untuk menjamin keseragaman dalam memecahkan masalah yang sering atau selalu timbul Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kebijakan manajemen dalam menjaga tradisi kurikulum salaf pasca era reformasi. Kebijakan merupakan langkah awal dalam merumuskan kebijakan, baik dalam kebijakan jangka pendek serta jangka panjang. Penelitian ini menggunakan metode analisis kebijakan dan bersifat kualitatif deskriptif, proses untuk mendapatkan data antara lain dengan metode wawancara, pengumpulan data, analisis lapangan, dan dokumentasi. Tujuannya untuk mendeskripsikan proses-proses kebijakan dan implementasi kurikulum salaf pasca era reformasi. Adapun obyek penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Qudsiyyah Menara Kudus Di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang penulias pergunakan, yaitu (1) metode observasi yaitu untuk mengumpulkan data tentang situasi dan kondisi Madrasah Aliyah Qudsiyyah mengenai kurikulum (2) metode wawancara yaitu untuk mengumpulkan data tentang proses, implementasi, aktor perumus kebijakan mengenai menjaga kurikulum salaf serta bagaimana dampak dan tanggapan siswa mengenai kurikulum salaf tersebut. (3) metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau fariabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulan, rapat, agenda dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang hal-hal yang berhubungan dengan penelitian seperti: struktur organisasi, gambaran lembaga Madrasah Aliyah, letak geografis, historis berdirinya lembaga, kantor Madrasah Aliyah, dan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Metode ini untuk melengkapi data-data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Agar hasil penelitian dan penyusunan skripsi yang diperoleh yaitu mengenai proses serta imlementasi tradisi salaf analisis kebijakan yang digunakan dalam proses serta imlementasi tradisi salaf di kota Kudus yaitu dengan visi dan misi yang jelas sehingga setiap pembelajaran kurikulum salaf dapat berjalan dengan lancar dan tujuan organisasi yang berorientasi tentang pendidikan terealisasi. Hasil penulisan skripsi ini antara lain, Proses yang dilakukan Madrasah antara lain, perumusan masalah, mencari solusi dan langkah dalam merumuskan kebijakan yaitu komunikasi dan melihat SDM. Dalam implementasi kurikulum Selama ini di Madrasah Qudsiyyah, dari tahun 1950-1968 sampai sekarang tetap mengacu kurikulum salaf, atas dasar Ikutilah Kebaikan Dari Yang Terdahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Andi Dermawan M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kebijakan manajemen, tradisi kurikulum salaf, pasca era reformasi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Feb 2013 22:02
Last Modified: 12 Jan 2017 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum