PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Mohammad Ridwan Maulana, NIM: 19104010068 (2023) PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada penelitian adalah metode yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih kurang bervariasi, sehingga membuat peserta didik jenuh dalam mengikuti pembelajaran serta sulit memahami materi Fiqih serta berakibat pada kurang maksimalnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Maka diperlukan metode yang mampu menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Roudlotul Muttaqin Kalasan Sleman pada tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design dengan menggunakan 2 sampel sebagai kelas kontrol (metode kovensional) dan kelas eksperimen (metode talking stick). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen soal tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Mann Whitney U Test. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil tingkat pemahaman peserta didik pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,19 dan kelas eksperimen sebesar 73,89. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan: Terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Roudlotul Muttaqin Kalasan Sleman. Dibuktikan dengan hasil analisis data tingkat pemahaman peserta didik diperoleh nilai sig. 0,000 < α (0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Talking stick, Tingkat Pemahaman, Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:46
Last Modified: 09 Oct 2023 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum