STRA TEGI PENGEMBANGAN SOMBER DA YA MANUSIA DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAJAH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Syafrudin, NIM. 994 l 4243 (2004) STRA TEGI PENGEMBANGAN SOMBER DA YA MANUSIA DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAJAH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRA TEGI PENGEMBANGAN SOMBER DA YA MANUSIA DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAJAH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
99414243_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRA TEGI PENGEMBANGAN SOMBER DA YA MANUSIA DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAJAH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
99414243_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan strategi pengembangan sumber daya manusia di Madrasah Diniyah Al-Munajah bisa dikatakan berjalan cukup baik, hal ini antara lain disebabkan karena, pihak sekolah Madrasah Diniyah Al-Munajah memiliki program dan agenda yang jelas dalam rangka usaha pengembangan Sumber Daya Manusia ada, baik tenaga pendidik maupun para siswa, yang dilaksanakan secara bertahap maupun secara kontinu. Secara kongkrit bentuk pelaksanaan strategi pengembangan tersebut seperti; pada aspek tenaga pendidik; a). Melakukan rekrutmen calon guru barn sebanyak-banyaknya. b ). Memberikan kesempatan kepada guru yang ada untuk mengikuti penataran dan pelatihan guru. c ). Mendatangkan tenaga pembimbing, serta. d). Mengadakan evaluasi pada tiap akhir semester dan tiap bulan. Sedangkan bentuk pelaksanaan strategi pengembangan pada aspek peserta didik meliputi; a). Melakukan rekrutmen siswa barn sebanyak­banyaknya. b ). Setiap kenaikan kelas diadakan evaluasi yang menyakut aspek kognitif dan psikomotorik siswa. c ). Memberikan hadiah bagi siswa yang berprestasi. Serta d). Setiap hari besar Islam (PHBI), biasanya diadakan lomba keagamaan. Dalam pelaksanaan proses pengembangan sumber daya manusia. memang disadari pihak Madrasah bahwa benturan terhadap berbagai macam tatntangan dan kendala yang dianggap sebagai faktor penghambat tidaklah dapat di hindari, begitu juga dengan keberhasilan proses pengembangan yang telah di capai saat ini, adalah merupakan bentuk kerjasama dan kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh komponen Madrasah Diniyah Al-Munajah selama ini, yang dianggap sebagai faktor pendukung. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung adalah; adanya dukungan penuh dari masyarakat, adanya kesadran dan kemauan yang besar dari para guru untuk senantiasa meningkatkan kualitas keilmuan mereka, adanya bentuk kerjasama pihak Madrasah Al-Munajah dengan Madrasah Diniyah lainnya, serta adanya kemauan yang besar dari para guru untuk memotivasi para siswa di dalam proses belajar-mengajar. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat adalah seperti; masih lemahnya kepedulian para guru terhadap berbagai perkembangan, keterbatasan dana yang dimiliki serta minimnya sarana dan prasarana pendukung di dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, Drs. Usman SS M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan sumber daya manusia, Madrasah Diniyah al-Munajah Wonokromo Pleret Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2023 11:32
Last Modified: 06 Oct 2023 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum