PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTsN WONOSARI ...

YUSRILLAH, NIM. 05420014 (2011) PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTsN WONOSARI ... Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN(KTSP) DI MTSN WONOSARI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN(KTSP) DI MTSN WONOSARI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kesiapan kepala madrasah, guru dan siswa MTsN Wonosari dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), proses perencanaan dan Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTsN Wonosari serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menyusun proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VIII berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi peneliti dan dapat berguna bagi guru dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil subjek penelitian di MTsN Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan kepala madrasah, Wa. Ka. Ur. Kurikulum, guru bahasa Arab kelas VIII, bagian Tata Usaha (TU) dan sebagian siswa siswi kelas VIII MTsN Wonosari serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, menganalisis dan mengidentifikasi problematika pembelajaran bahasa Arab kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta mengambil keputusan yang kemudian disampaikan. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk kesiapan kepala madrasah, guru dan siswa MTsN Wonosari dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah dengan cara mensosialisasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) kepada seluruh masyarakat madrasah, merumuskan tujuan dan sasaran madrasah, menentukan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) satuan pendidikan, menetapkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) mata pelajaran bahasa Arab, serta menyusun program pembelajaran bahasa Arab yang mencakup program tahunan, program semester dan kalender pendidikan. (2) Proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VIII berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah dengan cara guru mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII telah menyusun buku perangkat pembelajaran bahasa Arab kelas VIII yang di dalamnya mencakup judul, kalender pendidikan, jadwal pelajaran, daftar buku pegangan, program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). (3) Faktor pendukung dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VIII berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah secara umum telah tersosialisasinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTsN Wonosari, telah terlaksananya kegiatan pengembangan silabus untuk materi pelajaran agama, termasuk di dalamnya adalah materi untuk mata pelajaran bahasa Arab, adanya kemampuan (SDM) yang dimiliki guru cukup menunjang, banyaknya mata pelajaran lain yang mendukung; seperti pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) dan pelajaran Al-Qur'an Hadits, adanya rujukan yang dapat dijadikan sebagai referensi guru dalam menyusun perancanaan pembelajaran, secara umum tersedianya buku-buku yang sudah menggunakan silabus sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), adanya Penilaian Angka Kredit (PAK), serta jika kurikulum hanya mengalokasikan 2 (dua) jam perminggu, maka madrasah memberikan waktu 3 (tiga) jam pelajaran per minggunya; sedangkan faktor penghambat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VIII berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah input siswa dan latar belakangnya yang minim penguasaan baca tulis Al-Qur'an, minimnya guru bahasa Arab,(hanya 2 (dua) orang guru bahasa Arab)sehingga kurang memberikan variasi dalam pembelajaran bahasa Arab, sarana dan prasarana pembelajaran yang belum memadai,kurang konsistensinya dalam Penilaian Angka Kredit (PAK), kemauan guru terkadang menurun serta guru masih merasa akan ketidak sesuaiannya materi yang diajarkan dengan pemberian jatah alokasi waktu. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Jul 2013 21:24
Last Modified: 05 Apr 2017 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum