METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA ISLAM (Kajian Implemcntatif Pemikiran Zakiah Daradjat )

Firdaus Mukmin Ayatullah, NIM. 9941 4246 (2005) METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA ISLAM (Kajian Implemcntatif Pemikiran Zakiah Daradjat ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA ISLAM (Kajian Implemcntatif Pemikiran Zakiah Daradjat ))
99414246_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA ISLAM (Kajian Implemcntatif Pemikiran Zakiah Daradjat ))
99414246_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi metode pendidikan terhadap anak dalam keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyemplmrnkan pelaksanaan metode pendidikan anak dalarn keluarga. Jenis pcnelitian ini adalah litcrcr, scbab difokuskan pada suatu pcnggalian dan analisis data yang rnernakai sumber kepustakaan dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data difokuskan pada pe11elusuran dan penelaahan Iiteratur dan bahan pustaka lainnya. Selain melalui sumber buku, juga dilakukan interview atau wawancara langsung, untuk memperoleh infom1asi dari Zakiah Daradjat sebagai nara sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan content ana!fays, dianalisa isinya kemudian diinterpretasikan dan akhimya diberi kesimpulan. Hasil penelitian menrnjukkan: (1) Pada das,1rnya pendidikan Islam bagi anak-anak berorientasi pada penyiapan pemaharnan dan pembiasaan berbagai hal yang kelak dapat menolong anak untuk melakukan sendiri dalam berbagai kegiatan yang dapat memelihara ruhiyahnya. Oleh brena itu, metode pendidikan yang dapat digw1akan adalah: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode cerita, metode motivasi dan penghargaan, metode melalui perhatian, metode hukuman. (2) Implementasi dari metode-metode tersebut adalal1 hendaknya orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya. Setiap anak perlu dibiasakan semenjak usia dini untuk mengenal, mengetahui, dan kalau perlu bisa melaksanakan berbagai ha! tentang aktivitas-aktivitas keagarnaan. Orang tua yang memberikan nasihat kepada anak-anaknya hendaknya bersikap tenang dan tidak gegabal1 serta tidak bernsaha mengkritik terhadap kesalahan­kesalahan yang dilakukannya. Orang tua hendaknya bisa menyajikan cerita-cerita yang dapat menjadikan pendorong kepada anakuya. Orang tua hendaknya memberi motivasi dan penghargaan kepada anak-anaknya, karena dengan rnotivasi dan penghargaan tersebut anak akan merasa dirinya didukung dan dihargai, sehingga anak tersebut akan merasa lebih percaya diri. Setiap anak sangat penting untuk mendapat perhatian dari orang tua, karena anak yang sejak kecilnya mendapat perhatian dari orang tuanya baik kebutuhan jamani dan rohani, maka akan tumbuh menjadi orang yang baik yang tidak rnudah dipengaruhi dari perbuatan yang negatif. Yang terakhir, berilah anak nukuman yang sesuai dengan kondisi kejiwaan, usia serta kemampuan anak tersebut, tentunya hukuman yang sifatnya mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : R. Umi Baroroh, S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan anak. keluarga Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2023 13:48
Last Modified: 06 Oct 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum