PENGEMBANGANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PENDIDIKAN TERBUKA DI SDIT BINA ANAK SHOLEH II YOGYAKARTA

Lussy, NIM. 99414361 (2004) PENGEMBANGANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PENDIDIKAN TERBUKA DI SDIT BINA ANAK SHOLEH II YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUJ METODE PENDIDIKAN TERBUKA DI SDIT BINA ANAK SHOLEH II YOGYAKARTA)
99414361_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGANPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUJ METODE PENDIDIKAN TERBUKA DI SDIT BINA ANAK SHOLEH II YOGYAKARTA)
99414361_BAB II-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Konsep Pendidikan Islam Terpadu merupakan salah satu solusi yang ditawarkan dalam rangka menjawab persoalan pendidikan bangsa, dimana pendidikan dipahami sebagai upaya pengoptimalan potensi (fitrah) peserta didik secara menyeluruh baik IQ, EQ, SQ dan kecerdasan bertahan hidup. Pendidikan didasarkan pada AI-Qur'an dan AI-Hadits sebagai petunjuk kebenaran di muka bumi ini. Tujuan pendidikan adalah menciptakan manusia-manusia unggul yang mampu mengemban amanah kekhalifahan guna memakmurkan dan mensejahterakan hidup di bumi dengan jiwa tauhid sebagai hamba Allah SWT yang bertaqwa. Orientasi keilmuan dalam Islam adalah menyempurnakan kehambaan dan kekhalifahan manusia, sehingga peng1iasaan terhadap ilmu hanis bersifat holistik dan integral. Artinya pendidikan yang mengajarkan ilmu Allah SWT yang satu. Tidak ada pemisahan atau dikotomi antara ilmu agama dengan ilmu umum. Pendidikan Agama Islam sebagai satu materi pelajaran di sekolah formal memiliki tanggung jawab dalam menciptakan manusia unggulan yang diharapkan pendidikan. Namun alokasi waktu dua jam seminggu tentu sangat dipandang kurang. Jadi perlu adanya upaya pengembangan dalam pembelajaran PAI itu sendiri sehingga nilai-nilai PAI dapat tertanam pada kepnl>adian peserta didik dan menjadikan PAI sebagai pandangan hidup (way of life). 4. Metode pendidikan terbuka mempakan sa1ah satu model pengembangan pembelajaran PAI yang dilakukan di SDIT Bina Anak. Sholeh Il Y ogyakarta, dimana metode pendidikan terbuka merupakan suatu upaya sadar dan terencana dalam proses belajar secara tidak terbatas sehingga potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal. Dengan metode pendidikan terbuka belajar PAI bias dilakukan dimana, kapan dan oleh siapa saja. Dalam pengembangan pembelajaran PAI melalui metode pendidikan terbuka pendidik berperan sanagat :fleksibel, baik sebagai fasilitator, teman belajar siswa juga orang tua siswa di sekolah. Peserta didik sendiri merupkan manusia muda berpotensi. Kegiatan belajar melalui metode pendidikan terbuka berupaya mengoptimalkan potensi peserta didik dengan tetap menghormati dan mengembangkan kekhasan tiap individu. 5. Pada implementasinya metode pendidikan terbuka itu mencakup akhlak aplikatif, learning by doing, habit forming, life curriculum dan leadership life skill. Pembelajaran PAI dengan pembiasaan harian yang terbimbing dan terpadu terutama pada penanaman nilai-nilai ak.hlak. yang aplikatif melalui metode pembelajaran yang langsung membawa peserta didik pada objek kajian, tentu dapat menumbuhkan suatu hasil pembelajaran yang lebih optimal dan efisien. Ditambah lagi dukungan kurikulum hidup dari sosok pendidik dan lingkungan pendidikan yang positif diharapkan mampu enciptakan manusia ungguian yang amanah dan bertanggung jawab sebagai khalifah dibumi dan sebagai abdulah yang taat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Afiyah AS. M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembanganpembelajaran pendidikan agama Islam, metode pendidikan terbuka, SDIT Bina anak Sholeh II Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:22
Last Modified: 09 Oct 2023 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum