PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO MODIFIKASI DUBBING KARTUN DENGAN MATERI HIWAR KELAS VII MTS

Shofwah Tsania Zakiyah, NIM.: 19104020061 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO MODIFIKASI DUBBING KARTUN DENGAN MATERI HIWAR KELAS VII MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO MODIFIKASI DUBBING KARTUN DENGAN MATERI HIWAR KELAS VII MTS)
19104020061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO MODIFIKASI DUBBING KARTUN DENGAN MATERI HIWAR KELAS VII MTS)
19104020061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya upaya tenaga pendidik dalam pemanfaatan media pembelajaran di era digital sekarang ini. Penelitian ini ada untuk memberikan sumbangan pemikiran mengenai bahan ajar yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana mengembangankan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video modifikasi dubbing kartun dengan materi Min Yaumiyyāt Al-Usrah. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video modifikasi dubbing kartun pada materi Min Yaumiyyāt Al-Usrah. (3) Mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran bahasa Arab berbasis video modifikasi dubbing kartun dengan materi Min Yaumiyyāt Al-Usrah. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan prosedural yang meliputi 10 tahap yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk Akhir, dan (10) Produksi Massal. Subjek penelitian ini adalah seorang Ahli Materi, seorang Ahli Media, dan siswa kelas VII. Teknik dan analisis pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Dengan teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman untuk data kualitatif, dan dengan teknik analisis deskriptif persentase untuk data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran bahasa Arab berbasis video modifikasi dubbing kartun yang dikembangkan dengan 10 langkah model pengembangan prosedural, dimulai dari analisis potensi dan masalah sampai produksi massal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak. Hal tersebut berdasarkan: (1) Penilaian oleh ahli materi dengan persentase 89,3% dengan kriteria Sangat Baik. Dan penilaian ahli media dengan persentase 95% dengan kriteria Sangat Baik. (2) Penilaian siswa melaui angket respons, diperoleh skor rata-rata 4,18 dengan persentase sebesar 83,7% sehingga tergolong dalam respons positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, MA.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Media Kartun.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 14:16
Last Modified: 09 Oct 2023 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum