PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Zahrotun Nisa, NIM.: 19104020070 (2023) PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104020070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104020070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti terhadap sulitnya mempelajari qawa’id bagi para peserta didik, sehingga banyak peserta didik yang masih kesulitan menguasai qawa’id seperti belum bisa mengaplikasikannya terhadap kitab maupun literasi berbahasa Arab meskipun sudah lama belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti salah satu madrasah aliyah yaitu Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang menurut informasi tingkat keberhasilan peserta didiknya dalam menguasai qawa’id sudah teruji dan terkesan singkat karena menerapkan metode Amtsilati dalam pembelajaran qawa’id nya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode Amtsilati dalam pembelajaran qawa’id pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede beserta alasannya dan mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari metode Amtsilati tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara yang terdiri dari lima informan yaitu kepala sekolah, guru amtsilati, dan tiga peserta didik kelas XI, serta dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Penggunaan metode Amtsilati dalam pembelajaran qawa’id pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah yaitu terdiri dari perencanaan, materi/bahan ajar, waktu pembelajaran, tujuan, metode pembelajaran, dan evaluasi. (2) Alasan dari penggunaan metode Amtsilati dalam pembelajaran qawa’id pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ummah adalah karena Amtsilati sangat tepat untuk kebutuhan peserta didik, memudahkan pemahaman qawa’id, meminimalisir kesalahan penggunaan bahasa Arab, penggunaan contoh yang sesuai dengan peserta didik, dan agar peserta didik mampu menguasai qawa’id secara menyeluruh. (3) Kelebihan yang dimiliki metode Amtsilati adalah mudah dipelajari, kitab yang simpel dan praktis, contoh yang dijadikan praktek diambil dari Al-Qur’an dan Hadis, penggunaan contoh yang relatif banyak, dan peletakan rumus yang sistematis. Adapun kekurangan dari metode Amtsilati adalah untuk mempelajarinya membutuhkan waktu yang intensif dan terus menerus, terbatas pada pemahaman teks, ketergantungan terhadap bahasa Indonesia, dan membutuhkan kitab pendamping untuk memaksimalkan pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Amtsilati, Pembelajaran Qawa’id
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 15:25
Last Modified: 09 Oct 2023 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum