IMPLEMENTASI METODE TILAWATI PAUD DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA MASJID AL-IMAN

Faza Ulinniqo, NIM.: 19104030004 (2023) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI PAUD DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA MASJID AL-IMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TILAWATI PAUD DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA MASJID AL-IMAN)
19104030004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TILAWATI PAUD DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA MASJID AL-IMAN)
19104030004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Metode Tilawati PAUD, merupakan metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada anak usia dini dengan menggunakan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. yaitu dengan nyanyian, lagu rost serta pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui teknik baca simak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan Implementasi metode Tilawati PAUD dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Masjid Al-Iman; (2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi Metode Tilawati PAUD ini di TPA Masjid Al-Iman. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Juli 2023 yang bertempat di TPA Masjid Al-Iman Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Implementasi Metode Tilawati PAUD di TPA Masjid Al-Iman dalam proses penerapannya memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan terdiri dari tujuan dan target pembelajaran, materi yang disampaikan serta media yang digunakan. Tahap pelaksanaan terdiri dari pembuka, inti dan penutup. Tahap evaluasi menggunakan dua cara yaitu kenaikan halaman mengaji anak dan munaqosyah akhir; (2) Faktor pendukung implementasi metode Tilawati PAUD dalam Pembelajaran Al-Qur’an adalah guru memenuhi syarat pengajaran serta keantusiasan anak dalam belajar menggunakan metode Tilawati PAUD ini. Adapun faktor penghambat implementasi metode Tilawati PAUD ini adalah kurang telitinya anak dalam mengaji, kemauan anak, kekurangan guru dan kelas, serta belum diadakannya placemen test diawal pembagian kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati PAUD; Pembelajaran Al-Qur’an; Anak Usia Dini; TPA Masjid Al-Iman
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 14:35
Last Modified: 10 Oct 2023 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum