METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN APRESIASI KEAGAMAAN ANAK DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

Siti Nor Hanifah, NIM.: 00410371 (2004) METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN APRESIASI KEAGAMAAN ANAK DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN APRESIASI KEAGAMAAN ANAK DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
00410371_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN APRESIASI KEAGAMAAN ANAK DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
00410371_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan agama anak terjadi melalui pengalaman hidupnya sejak kecil dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan masyarakat. Maka semakin banyak pengalaman keagamaan yang diterimanya maka akan membentuk apresiasi keagamaan yang akhirnya setiap tindakan atau kelakuan dan cara menghadapi hidup akan sesuai dengan ajaran agama. Pendidikan agama pada usia prasekolah sangatlah penting untuk menanamkan dasar-dasar keagamaan sebagai basis dalam memasuki kehidupan selanjutnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah metode pembelajaran PAI yang diterapkan dalam membentuk apresiasi keagamaan anak di TK Terpadu Budi Mulia Dua Y ogyakarta? 2. Faktor- faktor apa sajakah yang mempengaruhi dalam proses pembentukan apresiasi keagamaan anak di TK Terpadu Budi Mulia Dua Yogyakarta? 3. Bagai1nanakah hasil pelaksanaan pembentukan apresiasi keagamaan anak di TK Budi Mulia Dua Yogyakarta? Penelitian ini termasuk penelitian kasus dan bersifat deskriptif analitik. Dalam penelitian ini adalah mempelajari dan menganalisa keadaan yang ada, khususnya tentang metode pembelajaran PAI dalam pembentukan apresiasi keagamaan anak di TK Terpadu Budi Mulia Dua Y ogyakarta. Dalam analisa data penulis melakukan pengecekan terhadap kebenaran data dan penafsirannya yang dikenal dengan istilah "triangulasi data". Metode triangulasi data yang penulis lakukan adalah melakukan cros eek antara metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu hasil observasi dapat dicek dengan metode wawancara atau dokumentasi dan sebaliknya guna mencari kebenaran data. Simpulan penelitian ini adalah: 1). Dalarn mernbentuk apresiasi keagarnaan anak dengan memberikan materi keimanan, ibadah dan akhlak. Berdasarkan perkernbangan psikologis dan sifat keagamaan anak, rnaka ada beberapa rnetode pembelajaran PAI yang diterapkan untuk mernbentuk apresiasi keagarnaan anak, yaitu: metode uswatun khasanah, metode pernbiasaan, rnetode cerita, metode tadabbur alam,fill trip, dan menyanyi. 2). alam proses pembentukan apresiasi keagarnaan anak melalui kegiatan pernbelajaran PAI dipengaruhi oleh beberapa ha!, yaitu: a. Pihak anak didik b. Pihak keluarga c. Pihak sekolah d. Pihak Masyarakat 3). Metode uswatun khasanah, pembiasaan, cerita, tadabbur alam,fi/l trip, dan menyanyi temyata dapat membentuk apresiasi keagamaan anak. Hal ini dapat dilihat melalui hasil pelaksanaan pembentukan apresiasi keagamaan anak, yaitu: a. Aspek Aqidah, b. Aspek Ibadah, c. Aspek Akhlak, d. Aspek Kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: perkembangan anak; Pembeljaran PAI; perilaku keagamaan anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 11:23
Last Modified: 09 Oct 2023 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum