IMPLEMENTASI MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PANGGUNG TANGGAP COVID-19

Jamilludin, S.SOS.I, NIM.: 19200010125 (2023) IMPLEMENTASI MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PANGGUNG TANGGAP COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PANGGUNG TANGGAP COVID-19)
19200010125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PANGGUNG TANGGAP COVID-19)
19200010125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan transformasional merupakan pendekatan kepemimpinan yang mendorong perubahan positif dan inovasi dalam organisasi. Implementasi kepemimpinan transformasional memainkan peran krusial dalam mengarahkan individu dan tim menuju pencapaian tujuan yang lebih tinggi. Penelitian ini mengkaji penerapan kepemimpinan transformasional dalam pengembangan masyarakat dalam menghadapi Covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh Wahyudi Anggoro Hadi Kepala Desa Panggungharjo Sewon Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dalm menghadapi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus Panggung Tanggap Covid 19, pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional melibatkan komitmen kuat pemimpin terhadap visi dan nilai-nilai organisasi, kemampuan untuk memotivasi bawahan dan menginspirasi bawahan, serta kepekaan terhadap kebutuhan dan aspirasi individu dalam tim. Hasil dari implementasi kepemimpinan transformasional yang menerapkan ciri mplementasi kepemimpinan transformasional; (a) idealisasi pengaruh yaitu menjadi teladan yang baik dan menumbuhkan kebanggaan, (b) motivasi inspirasional yaitu mampu membangkitkan semangat, memberikan perhatian, serta kepercayaan, (c) konsiderasi intelektual yaitu memberi penghargaan diri dan memberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah, (d) stimulasi intelektual yaitu melibatkan masyarakat untuk ikut mengambil kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moch Nur Ichwan, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kepemimpinan Transformasional; Pengembangan Masyarakat; Panggung Tanggap Covid 19
Subjects: Studi Islam
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 09 Oct 2023 13:30
Last Modified: 09 Oct 2023 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60954

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum