PENGAJARAN MUTHALA'AH PADA SISWA KELAS II MTS PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG ( Studi Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat )

Arifudin Syukron, NIM.: 0042 0004 (2005) PENGAJARAN MUTHALA'AH PADA SISWA KELAS II MTS PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG ( Studi Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN MUTHALA'AH PADA SISWA KELAS II MTS PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG ( Studi Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat ))
00420004_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN MUTHALA'AH PADA SISWA KELAS II MTS PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG ( Studi Penguasaan Kosakata dan Menyusun Kalimat ))
00420004_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa kedua paling banyak di pelajari di dunia sejak berabad-abad lamanya, terutama oleh kaum muslimin. Untuk menghasilkan pengetahuan tentang bahasa Arab dengan berbagai aspek ilmu dan pengetahuannya membutuhkan suatu pengajaran terhadap aspek-aspek ketrampilan bahasa. Para ahli Lingustik mengatakan bahwa Vocabulari ( kosakata ) itu harus menyokong struktur pengetahuan dasar yang sehat , dengan kata-kata itu, apabila di pelajari kemudian dapat dicocokkan dengan betul kedalam percakapan . Namun penguasaan kosokata yang banyak harus diikuti dengan penguasaan untuk menyusunnya menjadi kalimat-kalimat yang baik , sehingga mudah di pahami dan di mengerti oleh orang yang diajak komunikasi. Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pabelan pengajaran Muthalaah diajarkan dengan lebih banyak mengandung aspek penguasaan kosokata dan menyusun kalimat berbahasa Arab. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Nilai penguasaan kosakata pada pelajaran Muthola'ah kelas II adalah 7,45 ( baik ) dengan perincian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: a) Kosakata dalam bentuk jamak adalah 8,2 ( baik) b) Kosakata dalam bentuk mufrod adalah 9 ,25 ( baik sekali ) c) Kosakata dalam bentuk sinonim 6,45 ( cukup) d) Kosakata dalam bentuk antonim adalah 5 ,9 ( sedang ) 2. Penguasaan menyusun kalimat pada pelajaran Muthola'ah kelas II Marasah Tsanawiyah Pabelan termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 8,2, dengan perincian sebagai berikut a) Kalimat dalam bentuk Fi'il + fa'il adalah 8,85 ( baik ) b) Kalimat dalam bentuk bentuk Muannas dan Mudzakar 8,95 ( baik sekali ) c) Kalimat dalam bentuk jumlah ismiyah + jumlah fi'liyah adalah 7,37 ( baik ) d) Ka!imat dalam bentuk isim mufrod, dan isim jamak adalah 7,5 (baik)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Nazri Syakur, MA
Uncontrolled Keywords: mutholaah; sumber pelajaran; belajar mengajar; kosakata
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 11:49
Last Modified: 09 Oct 2023 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum