PFNGARllH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TAKERAN MAGETAN JAWA TIMUR

Ahmad Rajah Imaddudin, NIM.: 00410521 (2007) PFNGARllH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TAKERAN MAGETAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PFNGARllH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TAKERAN MAGETAN JAWA TIMUR)
00410521_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PFNGARllH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TAKERAN MAGETAN JAWA TIMUR)
00410521_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan-kcgiatan ekstrakurikuler dalam rangka mengembangkan potensi santri yang diberikan di pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Takeran Magetan. Hasil peneitian ini diharapkan dapat diketahui pengaruh program ekstrakurikuler terhadap pelaksanaan pcndidikan agama Islam di pondok Pesantren Sabilil Muttaqicn Takeran Magctan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Takeran Magetan Jawa Timur. Pengumpulan data diambil dengan mengadakan pengarnatan, wawancarn dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan metode indu\si. Pcmeriksaan keabsahan data dilakukan dcngan rncmbandingkan data hasil pcngamatan dengan data hasil wawancara serta membandingkan hasil wawancara dcngan isi dokumcn yang bcrkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: l. Bentuk kegiatan ekstrakurikuler di pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Takeran Magetan Jawa Timur terdiri dari bcrbagai macam kegiatan yaitu kepramukaan, qira'atul ghayah, seni hadlroh, muhadlarah, dan home industri (nata de coco). Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dapat mengembangkan bakat dan minat para santri serta dapat rnningkatkan prestasi, khususnya prestasi non akademik scperti: juara II lomba Tartil Qur'an HUT Pesantren Sabilil Muttaqien tahun 2005 dan juara II lomba Tartil Qur'an se-Kecamatan Ta'ceran, itulah berbagai prestasi yang diperoleh dalam berbagai perlombaan tingkat kecamatan. 2. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Takcran Magetan Jawa Timur disesuaikan dengan jadwal pelajaran para santri yaitu dilaksanakan diluar jam sekolah, sehingga tiaak mengganggu kcgiatan bclajar di sekolah. 3. Pengaruh kegiatan ckstrakurikulcr terhadap pelaksanaan pcndidikan agama Islam di pondok Pesantren Sabilil Muttaqien dapat meningkatkan kemampuan para santri dalam bidang keagamaan, misalnya: a. Kepramukaan, meningkatkan kedisiplinan, kcmandirian dan rasa solidaritas yang tinggi. b. Qira 'atul ghayah, meningkatkan kemampuan siswa dalam menelaah, mengamalkan dalam bidang Qur'an I ladits. c. Seni Hadroh, dapat mcngcrnbangkan dan mcnyalurkan bakat para santri dibidang seni dan kesenian !slam. d. Muhadloroh, rncmbantu para santri untuk berani berbicara didepan urn um untuk berda'wah. e. Home lndustri, dapat melatih ketrmpilan santri dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler; pesantren; pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 13:09
Last Modified: 09 Oct 2023 13:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum