KERJA SAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI TK ISLAM MODERN AL-FURQON PUREN CONDONG CATUR YOGYAKARTA

Denny Munfarida, NIM.: 00410217 (2004) KERJA SAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI TK ISLAM MODERN AL-FURQON PUREN CONDONG CATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERJA SAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI TK ISLAM MODERN AL-FURQON PUREN CONDONG CATUR YOGYAKARTA)
00410217_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KERJA SAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI TK ISLAM MODERN AL-FURQON PUREN CONDONG CATUR YOGYAKARTA)
00410217_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu agen pendidikan bagi anak usia dini adalah taman kanak-­kanak (TK). Melalui pendidikan TK seyogyanya anak mendapat stimulasi terhadap seluruh aspek perkembangmmya; fisik, daya pikir, sosial-emosi dan moral. Usia dini adalah masa keemasan bagi seseorang, karena pada masa inilah seluruh informasi dapat diserap dengan cepat oleh si anak melalui seluruh panca inderanya (berpikir inderawi). Sebagai bagian dmi disiplin keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini, TK memiliki suatu prinsip dalmn melaksanakan aktivitas pendidikan bagi anak usia dini. TK Islam Modern Al-Furqon merupakan salah satu Lembaga pendidikan anak-anak yang mempunyai kegiatan utama belajar sambil bermain. TK Islam Modem AI-Furqon sangat menekm1kan pada pembentukan sikap dan perilaku keagmnaan bagi anak-anaknya. TK Islam Modern Al­ Furqon merupakan TK Islam modem yang berada di bawah Yayasan Abu Manshur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana bentuk-bentuk kerja sama gum dengan orang tua dalam mengembangkan sikap dan perilaku keagamaan anak di TK Islam Modern Al-Furqon Puren Condong Catur Yogyakarta. 2. Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan guru dengan orang tua dalam mengembangkan sikap dan perilaku keagamaan kepada anak. 3. Faktor apa yang mendukung dan menghambat ke1ja sama gLu-u dengan orang tua dalam mengembangkan sikap dan perilaku keagamaan pada anak di TK Islam Modern Al-Furqon. Penelitian ini dalam menganalisis data yang telah diperoleh menggunakan analisis kualitatif. Analisis kualitatif terdiri daii tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyiapan data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Bentuk-bentuk kerja sama yang dilakukan guru dengan orang tua dalam mengembangkan sikap dan perilaku keagamaan anak meliputi pertemuan wali murid dua bulan sekali, adanya buku laporan kegiatan (buku penghubung), merayakan PHBI di sekolah, kunjungan guru ke rnmah orang tua anak, komunikasi via telpon, konsultasi terbuka antara guru dengan orang tua dan mendatangkan psikiater agama (ahli psikologi) ke sekolah tiap empat bulan sekali. Bentuk-bentuk kerja sama tersebut merupakan kerja sama untuk mengembangkan aspek kognisi, afeksi dan konasi. Ketiga aspek tersebut mernpakan aspek yang sangat ditekankan dalam pendidikan di TK Islam Modem Al-Furqon untuk mewujudkan pribadi muslim yang benar-benar berbudi luhur dalam perkataan dan perbuatan serta memihki pengetahuan yang mendalam tentang agama kelak. 2). Dalam mengembangkan sikap dan perilaku keagamaan pada anak, ada beberapa upaya yang telah dilakukan guru dan orang tua. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan memberi nasehat, dengan mencontohkan (suri tauladan), dengan pembiasaan, dengan menanamkan kedisiplinan sena dengan bercerita. Adapun upaya yang dilakukan oleh orang tua adalah dengan memberi pengetahuan agama di rumah, mengatur peribadatan anak menekankan hal-hal yang sifatnya prinsipil, mengenalkan nyanyian-nyanyian Islami dan menanamkan sifat patuh. 3). Ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat kerja sama yang dilakukan oleh guru dengan orang tua dalam rnengembangkan sikap dan perilaku keagamaan anak. Faktor pendukung yang berasal dari pihak guru (menanamkan kedisiplinan pada anak dan adanya kasih sayang dari guru kepada anak didik), dari pihak orang tua (adanya keterbukaan pada guru mengenai anaknya, kesediaan para orang tua mengikuti pertemuan di sekolah clan sifat antusias yang dimiliki oleh mereka dalam mendukung program-program di sekolah, dan dari pihak anak didik (sifat-sifat luhur yang dimiliki anak jujur dan pemaaf).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabaruddin M.Si.
Uncontrolled Keywords: kurikulum; anak didik; ekstrakurikuler; guru; TK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 14:56
Last Modified: 09 Oct 2023 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum