PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs

Hanifah Ridho Syuwari, NIM : 20104050024 (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
20104050024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
20104050024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Usaha dan energi merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipahami siswa karena berhubungan dengan konsep lainnya. Pada materi usaha dan energi, siswa sulit untuk menyelesaikan soal, menganalisis persamaan, memberikan dan mempertimbangkan sebuah kesimpulan mengenai usaha dan energi. Selain itu, terdapat keterbatasan media pembelajaran dalam hal memudahkan siswa memahami materi usaha dan energi terutama yang berbasis teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu memahami materi usaha dan energi dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik, mengetahui kualitas. mengetahui respon siswa. dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP/MTs yang menggunakan game edukasi berbasis android pada materi usaha dan energi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model 4D dari Thiagarajan dengan melibatkan 60 siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen untuk ahli, instrumen untuk guru dan instrumen untuk siswa. Analisis data yang digunakan yaitu validasi V Aiken’s, rerata dan N-Gain. Hasil penelitian adalah telah dikembangkannya media pembelajaran berupa game edukasi dengan nama GEDUSI (Game Edukasi Usaha dan Energi) yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis, Kualitas game edukasi usaha yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Respon siswa setuju sebagai media pembelajaran yang praktis dan menyenangkan. Game edukasi yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Ari Cahya Mawardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: learning media; educational games; critical thinking; work and energy.
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 10 Oct 2023 15:15
Last Modified: 22 Jan 2025 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum