PERAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK MENURUT AL MAWARDI

Jazuli, NIM.: 00410317 (2005) PERAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK MENURUT AL MAWARDI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK MENURUT AL MAWARDI)
00410317_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK MENURUT AL MAWARDI)
00410317_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kegelisahaan penyusun melihat fenomena kehidupan modern yang berdampak negatif pada perilaku anak didik dan belum diimbangi oleh pendidikan moral sampai menyentuh aspek afektif dan psikomotorik khususnya dalam pengembangan kesadaran moral anak. Untuk itu peran pendidikan moral diperlukan. Penyusun mencoba mengkaji ulang karya al Mawardi yang selama ini masih belum banyak diperhatikan, yaitu Adab al Dunya wa al Din. Keunikan dari pemikiran pendidikan al Mawardi dalam kitab tersebut sebagian besar dilaksanakan melalui- pengalarnan mengajarnya. Berangkat dari realitas tersebut maka penyusun merumuskan masalah bagaimana peran pendidikan moral al Mawardi dan relevansinya pada pendidikan masa kini. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pendidikan moral bagi anak dilihat dari pandangan al Mawardi dan untuk mengctahui relevansinya dengan pendidikan sekarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumentasi baik sumber primer maupun sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode retlektif dan analisis hermeunetik, dengan langkah-langkah sebagai berikut: mendeskripsikan, menerjemahkan, dan menginterpretasikan dengan pendidikan moral lain. Hasil penelitian menunjukkan peran pendidikan moral al Mawardi adalah 1). memahami kesadaran moral anak sesuai tingkat perkembangannya rnelalui pembentukan kebiasaan yang baik dan moral baik (akhlaq al karimah) serta introspeksi diri yang sating berkesinambungan demi kemuliaan jiwa.2) agar terbentuk kepribadian yang utuh dalam berperilaku dan bersikap pada diri anak. Sedangkan relevansi pendidikan moral al Mawardi dapat dilihat dari pendidikan moral dan peran pendidikan moral, di mana pendidikan moral al Mawardi mengarah pada integritas antara aka! dan wahyu dalam mengembangkan sistem penalaran berpikir melalui metodologi yang benar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari serta mewujudkan dasar pendidikan demokrasi. Adapun relevansi peran pendidikan al Mawardi terfokus pada tujuan pendidikan yang mengembangkan potensi pada anak didik baik intern maupun ekstern demi memenuhi aspek kognitit: afektif, dan psikimotorik, serta memenuhi kompetensi dasar berupa kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Di samping itu, memahami pendidikan moral tanpa melupakan faktor hidayah sebagai penentu dalam mewujudkan keberhasilan membentuk kepribadian yang utuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan moral; kepribadian anak; akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 15:07
Last Modified: 09 Oct 2023 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60988

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum