STUDI TENTANG EFEKTIFITAS PEMBINAAN AKHLAK BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI SEDAN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Imam Choiril Muttaqin, NIM.: 00410216 (2005) STUDI TENTANG EFEKTIFITAS PEMBINAAN AKHLAK BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI SEDAN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG EFEKTIFITAS PEMBlNAAN AKHLAK BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI SEDAN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
00410216_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG EFEKTIFITAS PEMBlNAAN AKHLAK BAGI ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI SEDAN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
00410216_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan pembinaan akhlak dan untuk mengetahui tingkat efektifitas pembinaan akhlak yang dilaksanakan di Panti Asuhan Sinar Melati Sedan. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat di pergunakan untuk bahan evaluasi atas pelaksanaan pembinaan akhlak · tersebut. Penelirian ini merupakan penelitian kuahtatif, dengan mengambil obyek anak asuh Panti Asuhan Sinar Melati Sedan Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pengurnpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi melalui dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pelaksanaan pembinaan akhlak bagi anak asuh di Panti Asuhan Sinar Melati Sedan sampai sekarang telah berjalan kurang lebih selama 9 tahun mulai sekitar tahun 1997. Pengurus/Pengasuh panti asuhan menyediakan waktu pembinan dalam dua model. Pertarna, model pembinaan akhlak intensif yang dilakukan sendiri oleh pengasuh setiap hari setelah sholat isya' di Masjid Ar-Rahman PASM. Pembinaan yang dilakukan adalah mengenai beberapa hal : pendalaman kultum/ceramah singkat yang disampaikan anak asuh, evaluasi aktifitas anak asuh di asrama, aktifitas disekolah, nasehat dan motivasi, perkembangan panti, instruksi/penugasan dan pengumuman. Model pembinaan intensif semua anak asuh harus mengikutinya dari tingkat SD sampai Mahasiswa. Kedua, model pembinaan melalui penctictikan agama Islam, Pembinaan ini berupa bimbingan dari para ustadzlstaf pengajar agama Islam sekaligus menyampaikan materi pendictikan agama Islam, baik bimbingan yang dilaksanakan sewaktu menyampaikan materi maupun setelah pembelajaran selesai. Metode pembinaan melaui PAI dibagi menjadi dua Kelompok yaitu SD-SLTP dan SLTA-Mahasiswa Adapun metode yang digunakan adalah metode ceramh dan diskusi/tanya jawab. (2) Hasi1 pembinaan akh]ak bagi anak asuh di Panti Asuhan Sinar Melati Sedan adalah efektif sekali. Keberhasilan ini dapat diukur dari tercapainya 82% materi pembinaan akJllak yang ditetapkan. Keberliasilan itu dapat dilihat nyata dali perilaku kesehaiian anak asuh yang mencenninkan sifat dan sikap sebagaimana materi-materi akhlak yang diajarkan seperti kejujuran, hormat, iffah, giat, ridho, syukur, dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: akhlak; pendidikan Islam; pembinaan akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 15:24
Last Modified: 09 Oct 2023 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum