Nasriyah, NIM.: 16410046 (2023) PERAN ORGANISASI ROHIS DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN ORGANISASI ROHIS DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
16410046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERAN ORGANISASI ROHIS DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
16410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti terhadap fenomena kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk. Indonesia memiliki 273 juta penduduk dengan beragam latar belakang budaya, agama, suku, dan ras. Bhineka Tunggal Ika merupakan simbol kemajemukan masyarakat Indonesia dan keberagaman itu diyakini sebagai sunnatullah dan rahmat bagi alam semesta. Namun, akhir-akhir ini pemahaman terhadap Islam yang terlalu ekstrem semakin menguat baik dilingkungan masyarakat maupun sekolah. Persoalan ini akan semakin mengkhawatirkan Ketika pemahaman yang radikal dan intoleransi telah menjangkiti siswa di sekolah. Kunci agar terciptanya toleransi dan kerukunan antar umat ialah dengan saling menghargai, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan membawa pesan agama yang cinta damai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (flied research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Organisasi Rohis memiliki peran sebagai fasilitator siswa dalam memperdalam keimanan dan menumbuhkan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sikap moderasi beragama yang di inisiasi oleh Rohis ialah: a) Sadar terhadap keberagaman, b) Memperkuat spiritualitas dan keimanan, c) Menghormati hak orang lain, d) Saling tolong-menolong dan bekerjasama dan e) Peduli dan simpatik terhadap sesama. 2) Faktor pendukung: a) Muatan kurikulum sekolah (mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) di kelas X terdapat materi tentang persaudaraan atau ukhuwah, kelas XI berisi materi tentang Toleransi dan kelas XII berisi materi tentang Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin, b) Kontribusi sekolah dengan mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Rohis. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: a) Faktor lingkungan di luar sekolah seperti pergaulan di rumah dan lingkungan sosialnya, dan b) Kurangnya antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan rutin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Yuliِ Kuswandari,ِ S.Pd.,ِ M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Organisasi Rohis, Moderasi Beragama, Lingkungan Sekolah |
Subjects: | Moderasi Beragama Organisasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 15:11 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 15:11 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61011 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |