NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB ‘AQIDATUL ‘ AWAM KARYA SAYYID AHMAD AL-MARZUQI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Lu’luul ‘Ilma, NIM.: 16410099 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB ‘AQIDATUL ‘ AWAM KARYA SAYYID AHMAD AL-MARZUQI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB ‘AQIDATUL ‘ AWAM KARYA SAYYID AHMAD AL-MARZUQI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR)
16410099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB ‘AQIDATUL ‘ AWAM KARYA SAYYID AHMAD AL-MARZUQI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR)
16410099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Nilai-nilai tauhid penting untuk membentuk manusia (peserta didik) dalam mengenal akan dirinya dan Tuhan-Nya tetapi juga bertujuan untuk mencegah sikap dehumanisasi dan anti kemanusiaan seperti yang penulis sebutkan. Dalam pandangan Islam, ajaran Tauhid (Aqidah) ditempatkan sebagai inti dari ajaran Islam tersebut. Menjadi penting bahwa mengajarkan Nilai-Nilai Tauhid kelak akan membawa keselamatan bagi-Nya baik di dunia maupun di akhirat karena, ajaran Tauhid mengenalkan akan keyakinan pada Allah SWT. Untuk itu penulis merasa tertarik untuk meneliti nilai-nilai tauhid dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam dan relevansinya dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran umum kitab ‘Aqidatul ‘Awam dan mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan tauhid dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam dan relevansinya dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode deskriptif analisis dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian ini adalah: Kitab ‘Aqidatul ‘Awam yang memuat nilai-nilai pendidikan tauhid sudah memiliki hubungan erat dengan materi akidah Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan tauhid dalam buku ‘Aqidatul ‘Awam dengan materi-materi akidah Pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam diantaranya yaitu iman kepada Allah, iman kepada Rasul, iman kepada malaikat, iman kepada kitab Allah, dan iman kepada hari akhir. diketahui adanya relevansi antara nilai-nilai pendidikan Islam pada kitab ‘Aqidatul ‘Awam dengan sebagian besar materi pendidikan agama Islam pada jenjang Sekolah Dasar kurikulum merdeka. Adapun relevansinya mengenai bahasan pokok dari materi tersebut. Sedangkan terdapat bahasan pokok pada Pendidikan Agama Islam yang tidak relevan dengan kitab ‘Aqidatul ‘Awam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S. Ag., S. Psi., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid, Budi Pekerti, Pendidikan Agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Tauhid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:11
Last Modified: 01 Nov 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum