PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A4 RAUDHATUL ATHFAL MASYITHOH KARANGANOM

Ana Almaratus Solichah, NIM: 19104030076 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A4 RAUDHATUL ATHFAL MASYITHOH KARANGANOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A4 RAUDHATUL ATHFAL MASYITHOH KARANGANOM)
19104030076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A4 RAUDHATUL ATHFAL MASYITHOH KARANGANOM)
19104030076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masa usia dini merupakan masa keemasan dalam seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan manusia. Salah satu aspek perkembangan yang penting bagi anak usia dini adalah aspek bahasa, yang mana didalam aspek bahasa terdapat kemampuan anak dalam berbicara. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini yaitu model pembelajaran saintifik. Dalam model pembelajaran saintifik, terdapat lima hal yang diterapkan didalamnya yaitu meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran saintifik dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara. Penggunaan model pembelajaran saintifik dipilih dalam penelitian meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini karena model pembelajaran saintifik melibatkan anak untuk lebih aktif dalam berkomunikasi, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran saintifik dapat meningkatan kemampuan berbicara anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif sehingga hasil penelitian berbentuk teks deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan hasil bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran saintifik dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak (2) Hasil dari penggunaan model pembelajaran saintifik memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan berbicara anak (3) Terdapat beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran saintifik, yaitu: guru yang telaten, orangtua yang mendukung perkembangan anak, lingkungan. Sedangkan faktor penghambat yaitu: kurangnya penyiapan materi belajar, keterbatasan alat dan bahan, kegiatan pembelajaran yang monoton, dan ruang kelas yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hafidh Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Saintifik, Berbicara, Anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 14:36
Last Modified: 10 Oct 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum