PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Sintia Devi Nur’aini, NIM.: 16600088 (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS)
16600088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS)
16600088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema Pythagoras yang memenuhi kategori valid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: Planning, Production, and Evaluation. Subjek uji coba produk untuk penilaian modul pembelajaran terdiri dari dua ahli. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata penilaian ahli pada uji kevalidan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tahap planning menghasilkan hasil analisis kebutuhan dan analisis kurikulum yang digunakan sebagai dasar pengembangan modul ajar. 2) Pada tahap production diperoleh pengembangan modul ajar dan intrumen penilaian modul ajar. 3) Hasil tahap evaluation yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 127,5 dan persentase keidealan sebesar 86,15% dengan kategori penilaian ahli yang diperoleh “sangat baik”. Dari hasil tersebut diperoleh produk pengembangan berupa modul ajar kurikulum merdeka berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:08
Last Modified: 10 Oct 2023 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum