PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI SUNGAI BOYONG SEPANJANG KELURAHAN PURWOBINANGUN DAN KELURAHAN CANDIBINAGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Mudrika Suci Eliasmi, NIM.: 16680016 (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI SUNGAI BOYONG SEPANJANG KELURAHAN PURWOBINANGUN DAN KELURAHAN CANDIBINAGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI SUNGAI BOYONG SEPANJANG KELURAHAN PURWOBINANGUN DAN KELURAHAN CANDIBINAGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
16680016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI SUNGAI BOYONG SEPANJANG KELURAHAN PURWOBINANGUN DAN KELURAHAN CANDIBINAGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
16680016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan angiospermae di Sungai Boyong sepanjang Kelurahan Purwobinangun - Kelurahan Candibinangun, Pakem; dan (2) mengetahui pengembangan kualitas produk tumbuhan angiospermae. Penelitian ini menggunakan metode jelajah (eksplorasi) pada tahap penelitian keanekaragaman jenis tumbuhan angiospermae di tempat yang ditentukan. Sedangkan, pada tahap pengembangan booklet tumbuhan angiospermae menggunakan metode campuran kualitatif-kuantitatif. Metode kualitatif untuk mendeskripsikan spesies tumbuhan dan kuantitatif untuk menganalisis penilaian ideal serta kelayakan booklet yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan angiospermae di Sungai Boyong mencakup 2 kelas, 33 ordo, 51 famili dan 124 spesies. 2 kelas yaitu magnoliopsida dan liliopsida. Magnoliopsida terdiri dari 23 ordo, 38 famili, dan 97 spesies. Sementara itu, liliopsida terdiri dari 10 ordo 13 famili dan 27 spesies. Penilaian booklet diberikan oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru Biologi dan 10 siswa jurasan MIPA MAN 4 Sleman. Kelayakan booklet memperoleh persentase 90,9% dengan kualitas sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian, persentase 94% diberikan oleh ahli materi dengan kualitas sangat baik. Selain itu, 87,1% diberikan oleh ahli media dengan kualitas sangat baik, 91,4% diberikan oleh peer reviewer dengan kualitas sangat baik, 92,1% diberikan guru Biologi dengan kualitas sangat baik, dan 89,9% didapat dari respon siswa dengan kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Booklet, Keanekaragaman Jenis Tumbuhan, Angiospermae, Sungai Boyong
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Tanaman
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:19
Last Modified: 10 Oct 2023 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum