INVENTARISASI KUPU-KUPU SUB ORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CANDI GEDONG SONGO DAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA

Irma Dwiyanti, NIM.: 16680024 (2023) INVENTARISASI KUPU-KUPU SUB ORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CANDI GEDONG SONGO DAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INVENTARISASI KUPU-KUPU SUB ORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CANDI GEDONG SONGO DAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA)
16680024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INVENTARISASI KUPU-KUPU SUB ORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CANDI GEDONG SONGO DAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA)
16680024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui keanekaragaman kupu-kupu sub ordo Rhopalocera di Kawasan Candi Gedong Songo, (2) mengembangkan media belajar berupa Ensiklopedia Keanekaragaman Kupu-Kupu Sub Ordo Rhopalocera Di Kawasan Candi Gedong Songo Untuk Siswa Kelas X SMA/MA, (3) mengetahui kelayakan ensiklopedia keanekaragaman kupu-kupu sub ordo Rhopalocera di Kawasan Candi Gedong Songo sebagai media belajar bagi siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap, yaitu pengambilan data kupu-kupu di Kawasan Candi Gedong Songo dan pengembangan media belajar berupa ensiklopedia keanekaragaman. Pengambilan data kupu-kupu menggunakan metode point count. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), tanpa tahapan Implementation dikarenakan produk tidak diterapkan dalam pembelajaran nyata dalam kelas. Instrumen penilaian menggunakan angket validasi untuk 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi. Sedangkan angket respon siswa untuk uji terbatas pada 15 siswa di SMA Kolombo Sleman. Dari penilaian kualitas kelayakan ensiklopedia keanekaragaman kupu-kupu sub ordo Rhopalocera Kawasan Candi Gedong Songo oleh ahli materi mendapatkan presentase ideal 88,8% dalam kategori Sangat Baik (SB), oleh ahli media mendapatkan presentase ideal 80% dalam kategori Baik (B), oleh peer reviewer mendapakan presentase ideal 96,4% kategori Sangat Baik (SB), oleh guru biologi mendapatkan presentase ideal 85,2% kategori Sangat Baik (SB), dan oleh siswa mendapat presentase keidealan 92,6% kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia keanekaragaman kupu-kupu sub ordo Rhopalocera di Kawasan Candi Gedong Songo layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistyawati, S.Pd.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Ensiklopedia, Keanekaragaman Kupu-Kupu, Media Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:21
Last Modified: 10 Oct 2023 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61031

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum