IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI TERHADAP GURU DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Wildan Faiz Mubarrok, NIM: 16490044 (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI TERHADAP GURU DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI TERHADAP GURU DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian S)
16490044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI TERHADAP GURU DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian S)
16490044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Supervisi kepala madrasah terhadap guru-guru wajib dilaksanakan sebagai upaya mengupgrade para guru agar tercipatanya suatu proses peningkatan mutu dari Pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses supervisi kepala madrasah, untuk mengetahui proses motivasi yang dilakukan Kepala Madrasah dan untuk mengerti problem dan pendukung yang terjadi di madrasah tersebut guna memperbaiki proses pembelajaran di MTs Raudhatul Muttaqien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana dalam penelitian ini pendekatan tersebut digunakan untuk menyajikan penjelasan rinci tentang bagaimana supervisi kepala Madrasah dan motivasi guru dalam upaya membantu meningkat proses pembelajaran yang ada di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Sleman Yogyakarta, adapun pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik, wawancara, observasi serta dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik dalam keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Triangulasi sumber adalah metode triangulasi yang melibatkan perbandingan kebenaran suatu fenomena berdasarkan data yang dikumpulkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepala Madrasah dalam Mengupayakan optimalisasi proses pemebelajaran yang sesuai tujuan di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Sleman Yogyakarta diwujudkan dengan cara supervisi secara individu ataupun secara kelompok dan juga dalam meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran oleh seluruh sivitas akademik MTs Raudhatul Muttaqien. Dengan adanya kumpul semua guru diwaktu akhir bulan 1 bulan sekali disitu waktu supervisi dan motivasi dilakukan oleh kepala madrasah. Sedangkan untuk faktor keberhasilan Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan proses pemebelajaran yang sesuai diinginkan di Mts Raudhatul Muttaqien Kalasan Sleman Yogyakarta dapat dilihat supervisi dan motivasi yang dijalankan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi supervisi serta implementasi motivasi terhadap guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah; Supervisi; Motivasi Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 10 Oct 2023 13:08
Last Modified: 10 Oct 2023 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum