SINERGI GURU PAI DAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DALAM JARINGAN (DARING) DI KELAS V SDN AMBARRUKMO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Muhammad Rizaz Fuady, NIM.: 17104010130 (2023) SINERGI GURU PAI DAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DALAM JARINGAN (DARING) DI KELAS V SDN AMBARRUKMO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINERGI GURU PAI DAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DALAM JARINGAN (DARING) DI KELAS V SDN AMBARRUKMO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17104010130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (931kB) | Preview
[img] Text (SINERGI GURU PAI DAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DALAM JARINGAN (DARING) DI KELAS V SDN AMBARRUKMO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17104010130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah metode pembelajaran di sekolah dari luar jaringan (luring) menjadi dalam jaringan (daring). Salah satu yang terdampak perubahan tersebut adalah SDN Ambarrukmo. SDN Ambarrukmo merupakan sekolah yang secara kultural memiliki hubungan yang cukup erat dengan orang tua siswa serta memiliki guru PAI dan wali kelas yang aktif berkomunikasi dengan orang tua dalam proses pembelajaran dan kondisi perkembangan anak. Agar terlaksana dengan baik, pembelajaran PAI dalam jaringan (daring) membutuhkan sinergi guru PAI dan orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) berbagai bentuk sinergi guru PAI dan orang tua siswa selama pembelajaran PAI dalam jaringan (daring) kelas V SDN Ambarrukmo dan (2) dampak sinergi guru PAI dan orang tua siswa terhadap hasil belajar PAI dalam jaringan (daring) siswa kelas V SDN Ambarrukmo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah orang tua siswa, wali kelas V, guru PAI, siswa kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan catatan dokumentasi. Keabsahan data memakai triangulasi sumber dan metode. Adapun teknis analisis datanya menggunakan konsep dari Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI melakukan sinergi dengan orang tua siswa dalam pembelajaran PAI secara daring (daring) untuk mengoptimalkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN Ambarrukmo. Bentuk-bentuk sinerginya antara lain : (1) pertemuan wali siswa dan guru PAI untuk evaluasi pembelajaran PAI dan persiapan pembelajaran PAI ke depan ; (2) komunikasi dan koordinasi melalui grup WhatsApp ; (3) memotivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik ; (4) pendampingan belajar dalam rangka memaksimalkan pemahaman materi ; (5) pemantauan untuk menjaga kedisiplinan siswa ; dan (6) evaluasi pembelajaran. Selanjutnya dampak sinergi pada hasil belajar siswa antara lain : (1) sikap spiritual siswa meningkat, ; (2) pemahaman materi dan tugas pada siswa yang lebih baik ; (3) terbentuknya sikap disiplin siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengerjakan tugas ; (4) keterampilan membaca al-qur’an dan praktik salat yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Sinergi, Orang Tua, Guru PAI, Pembelajaran PAI, dalam Jaringan (Daring).
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:07
Last Modified: 10 Oct 2023 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum