PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SPLDV

Monica Arsita Dewi, NIM : 16600057 (2023) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KEL)
16600057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KEL)
16600057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika SMP/MTs dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII pada materi SPLDV yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. SSP yang dikembangkan meliputi petikan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), media pembelajaran dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dibatasi hingga tahap development karena keterbatasan sumber daya peneliti sehingga peneliti tidak dapat melaksanakan tahap implementation atau uji coba dan evaluation (evaluasi). Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan lembar skala penilaian SSP. Lembar skala penilaian SSP berupa instrumen penilaian SSP untuk validator ahli dengan teknik skala yang terdiri dari empat kategori penilaian, yaitu Sangat Baik (SB), Baik (B), Kurang (K), Sangat Kurang (SK). Validator ahli terdiri atas tiga validator ahli produk. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis validitas kualitas produk. Hasil lembar skala penilaian SSP dari validator ahli menjadi acuan untuk menentukan kualitas SSP yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas SSP matematika dengan pendekatan RME dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tergolong dalam kategori Baik dengan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli sebesar 153 dari skor maksimal ideal 200 dan memperoleh presentase keidealan sebesar 76,5%. Dengan demikian, produk SSP matematika dengan model embelajaran kooperatif tipe NHT berpendekatan RME ini dinyatakan layak dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran atau dijadikan referensi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika; Numbered Heads Together (NHT); Realistic Mathematics Education (RME); kemampuan pemecahan masalah matematis, SPLDV.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 10 Oct 2023 13:20
Last Modified: 10 Oct 2023 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum