IMPLEMENTASI POLA HIDUP BERSIH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POSYANDU “EDELWAIS” NGAJARAN SIDOMULYO BAMBANGLIPURO

Marita Handayari, NIM.: 18104030057 (2023) IMPLEMENTASI POLA HIDUP BERSIH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POSYANDU “EDELWAIS” NGAJARAN SIDOMULYO BAMBANGLIPURO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI POLA HIDUP BERSIH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POSYANDU “EDELWAIS” NGAJARAN SIDOMULYO BAMBANGLIPURO)
18104030057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI POLA HIDUP BERSIH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POSYANDU “EDELWAIS” NGAJARAN SIDOMULYO BAMBANGLIPURO)
18104030057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada 16 anak usia 4-5 tahun di POSYANDU “Edelweis” Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro yang mempunyai kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi terdapat 5 anak yang masih belum membiasakan diri untuk mencuci tangan secara rutin, 8 anak yang tidak memotong kuku sepekan sekali, dan 4 anak tidak melakukan buang sampah di tong sampah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pola hidup bersih anak usia 4-5 tahun di POSYANDU “Edelwais” Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pola hidup bersih anak usia 4-5 tahun di POSYANDU “Edelwais” Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian anak-anak usia 4-5 tahun di POSYANDU “Edelwais” Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, triangulasi waktu dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan atau verifikasi data menggunakan model Miles dan Huberman Hasil penelitian diperoleh : (1) Implementasi pola hidup bersih anak usia 4-5 tahun di POSYANDU “Edelwais” di kampung Ngajaran dilakukan 5 langkah sesuai dengan program yang ada di POSYANDU tersebut. 5 langkah tersebut yaitu mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah pada tong sampah, memotong kuku, menggosok gigi serta BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil) di toilet. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pola hidup bersih pada anak usia 4-5 tahun di POSYANDU “Edelweis” Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro. Untuk faktor pendukung yaitu pembiasaan dari orang tua, kekhawatiran terhadap resiko yang diterima dan rasa malu untuk menjaga aurat. (3) Terdapat faktor penghambat dalam implementasi pola hidup bersih pada anak 4-5 tahun di POSYANDU “Edelweis” Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro. Faktor penghambat tersebut adalah anak tidak ingin diganggu saat bermain, rasa tidak nyaman dan mood anak yang buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Hidup Bersih, Anak Usia Dini, POSYANDU
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:46
Last Modified: 10 Oct 2023 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum