PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII

Inneke Salwa Rahmadiani, NIM.: 18106000004 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII)
18106000004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII)
18106000004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis Pendekatan Matematika Realistik yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan ADDIE meliputi Analysis, Design, Developement, dan Evaluation. Kriteria ketercapaian modul dalam penelitian ini adalah memperoleh hasil yang valid, efektif dan praktis. Penilaian uji validasi modul dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan penilaian uji kepraktisan dan uji kefektifan dilakukan oleh 26 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Hasil penilaian terhadap modul yang dikembangkan adalah sebagai berikut: 1) Hasil uji validasi modul oleh ahli materi memperoleh presentase 75,39% yang berada pada kategori baik. Sedangkan hasil uji validasi modul oleh ahli media memperoleh presentase 74,44% yang berada pada kategori baik. 2) Hasil uji kepraktisan modul memperoleh presentase 74,04% yang berada pada kategori baik. 3) hasil uji keefektifan modul memperoleh presentase 73,07%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul, Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Relasi dan Fungsi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 11:09
Last Modified: 10 Oct 2023 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61066

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum