STUDI TENTANG PENGUASAAN MATERI MEMBACA AL-QUR' AN GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA

Sumisih, NIM.: 00410228 (2005) STUDI TENTANG PENGUASAAN MATERI MEMBACA AL-QUR' AN GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PENGUASAAN MATERI MEMBACA AL-QUR' AN GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA)
00410228_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PENGUASAAN MATERI MEMBACA AL-QUR' AN GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA)
00410228_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) sebagai lembaga Pendidikan keagamaan jalur luar sekolah bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk menguasai pendidikan agama Islam bertanggung jawab terhadap mampu dan tidaknya siswa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Hal ini dikarenakan materi yang diajarkan didalamnya terdiri dari Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih Ibadah, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab yang semua materi yang didalanmya terdapat bacaan Al-Qur'an. Sehingga kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan suatu kebutuhan bagi guru MDA dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses belajar mengajar membaca Al-Qur'an yang dilaksanakan oleh guru Madrasah Diniyah Awaliyah di Kecamatan Jetis 2. Bagaimana penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru Madrasah Diniyah A waliyah di Kecamatan J etis 3. Bagaimana upaya meningkatkan penguasaan materi membaca Al-Qur'an guru Madrasah Diniyah A waliyah di Kecamatan Jetis Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif yang analisisnya ditekankan pada data-data angka yang diolah dengan metode statistika. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang bersifat diskriptif analisis non statistik dan analisis kuantitatif. Hasil penelian ini adalah 1. Pelaksanaan proses belajar rnengajar Al-Qur'an MDA di Kecarnatan Jetis berjalan dengan baik dan lancar. Guru rnarnpu rnengkoordinasikan sejurnlah kornponen pengajaran (tujuan, rnateri, rnetode I alat dan evaluasi) agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Guru rnelaksanakan tugas belajamya sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalarn lernbaga tersebut. Yakni guru mengelornpokkan siswa berdasarkan jilidnya dan rnenyimak bacaan siswa satu persatu secara bergantian. 2. Adapun penguasaan materi rnernbaca Al-Qur'an guru MDA di Kecamatan etis berdasarkan pada prosentase penguasaan rnateri rnernbaca Al-Qur'an di depan (65%) terrnasuk dalarn kualifikasi cukup. Sebagian besar penguasaan materi guru tentang hafalan surat pendek, huruf hijaiyah dan makhrojnya, hukurn bacaan nun mati dan tanwin, hukurn bacaan mirn rnati, qalqalah, rnacarn waqaf dan rnacarn mad adalah cukup. Meskipun dernikian terdapat sejurnlah guru yang belurn dapat rnengaplikasikan rnateri tersebut dalarn, pernbelajaran rnernbaca Al-Qur'an. Guru kurang rnernperhatikan bacaan tajwid siswa sehingga rnernpcngaruhi kualitas bacaan Al-Qur'an siswa. 3. Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan materi membaca AI-Qur'an guru MDA Kecamatan Jetis kurang optimal. Dari upaya yang dilakukan di depan· bermaksud untuk memberi motivasi kepada guru untuk belajar membaca Al-Qur'an dan memperlancar bacaan Al-Qur'an guru. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an guru agar sesuai dengan ilmu tajwid seperti mengikuti seni baca AI-Qur'an di Syuhada' dan di AMM maupun seni baca Al-Qur'an di radio tidak dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. HMS Prodjodikoro
Uncontrolled Keywords: Waqaf; Mad; kurikulum; guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 11:31
Last Modified: 10 Oct 2023 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61072

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum