PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Singgih Zein Massaid Ramadhan, NIM: 19104050001 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
19104050001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
19104050001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Modul merupakan suatu bahan ajar yang dikemas secara praktis dan sistematis sehingga dapat diakses secara mandiri baik oleh guru maupun peserta didik. E-modul merupakan adaptasi modul pembelajaran terhadap era digital saat ini, sehingga dalam pengoperasiannya e-modul memanfaatkan teknologi baik itu komputer maupun handphone. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan e-modul fisika berbasis multirepresentasi pada materi momentum dan impuls yang dapat digunakan dalam pembelajaran, 2) mengetahui respon peserta didik terkait e-modul fisika berbasis multirepresentasi yang telah dihasilkan dan 3) mengetahui kualitas e-modul fisika berbasis multirepresentasi yang akan digunakan pada pembelajaran di kelas. Penelitian ini tergolong ke penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari Define, Design, Development dan Disseminate. Penelitian ini dibatasi ada tahap Development, tepatnya pada uji coba luas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain lembar validasi, lembar penilaian dan angket respon peserta didik. E-Modul divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Lembar validasi dalam penelitian ini menggunakan skala Aiken’s V dengan 3 skala. Sedangkan penilaian kualitas e-modul dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan 2 guru fisika. Lembar penilaian kualitas e-modul menggunakan skala likert dengan 4 skala. Uji coba e-modul pada penelitian dibagi menjadi 2 tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 10 peserta didik, sedangkan uji coba luas dilakukan terhadap 36 peserta didik. Lembar angket respon peserta didik menggunakan skala guttman dengan 2 skala yaitu pernyataan “setuju” dan “tidak setuju”. Hasil penelitian ini antara lain: 1) telah dihasilkan e-modul fisika berbasis multirepresentasi pada pokok bahasan momentum dan impuls untuk memfasilitasi gaya belajar peserta didik; 2) kualitas e-modul yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media dan Guru memiliki rerata skor berturut-turut sebesar 3,29 dengan kategori sangat baik (SB); 3,66 dengan kategori sangat baik (SB); dan 3,74 dengan kategori sangat baik (SB); 3) Respon peserta didik terhadap e-modul pada uji coba terbatas dan uji coba luas memiliki rerata skor berturut-turut sebesar 1,00 dengan kategori setuju (S); dan 0,95 dengan kategori setuju (S).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: E-modul, Multirepresentasi, Momentum dan Impuls.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 14:39
Last Modified: 10 Oct 2023 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum