PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA PADA MATERI GERAK MELINGKAR

Siti Marfu’ah, NIM: 19104050047 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA PADA MATERI GERAK MELINGKAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA PADA MATERI GERAK MELINGKAR)
19104050047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA PADA MATERI GERAK MELINGKAR)
19104050047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada implementasi kurikulum 2013, pembelajaran fisika semestinya dapat menciptakan kondisi dimana peserta didik dapat mengembangkan secara optimal keterampilan berpikir kritisnya. Salah satu cara untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar, 2) mengetahui kualitas LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar, 4) mengetahui keterlaksanaan dari produk LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D Models. Tahap pengembangan diantaranya yaitu : 1) define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) tahap develop (pengembangan), dan 4) tahap disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi pada tahap develop (pengembangan) dengan melakukan uji coba terbatas dan uji coba luas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi, dan lembar penilaian, lembar angket respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan produk LKPD. Penilaian kualitas produk LKPD dan observasi keterlaksanaan produk LKPD menggunakan skala likert . Sedangkan respon peserta didik menggunakan skala guttman. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA/MA pada materi gerak melingkar. Produk LKPD memiliki kualitas Sangat Baik (SB). Hal ini berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru fisika diperoleh kualitas LKPD Sangat Baik (SB) dengan rerata skor 3,56 dari penilai ahli materi, 3,66 dari penilai ahli media , dan 3,45 dari guru fisika. Respon peserta didik terhadap LKPD pada uji coba terbatas dan uji coba luas masuk dalam kriteria Setuju (S). Hal ini berdasarkan hasil dari rerata skor yang masuk dalam kriteria Setuju (S) yaitu, 0,93 pada uji coba terbatas dan 0,90 pada uji coba luas. Adapun pada keterlaksanaan produk LKPD diperoleh rerata skor 3,67 dengan kriteria Sangat Baik (SB). Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nira Nurwulandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Gerak Melingkar
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 15:21
Last Modified: 10 Oct 2023 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61078

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum