Kusyantoro, NIM.: 00410427 (2004) KOMPETENSI GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KOMPETENSI GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EM OSI SISW A KELAS RENDAH SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA)
00410427_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
Text (KOMPETENSI GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EM OSI SISW A KELAS RENDAH SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA)
00410427_BAB II_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Emosi merupakan salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan belajar. Seorang guru harus memiliki kecakapan teknis dan kompetensi yang memadai agar ia bisa melatih kecerdasan emosi siswa. Guru dituntut untuk lebih professional dalam segala hal dalam mendidik siswa. Penekanan guru yang berlebihan pada dimensi kognitif dan dimensi psikomotorik serta merendahkan dimensi afeksi, pada akhirnya menghasilkan kualitas peserta didik yang berat sebelah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apa saja masalah-masalah emosi siswa yang dihadapi oleh guru? 2. Bagaimana cara guru melatih kecerdasan emosi siswa? 3. Apa kekurangan-kekurangan dan kelebihan-kelebihan guru dalam melatih kecerdasan emosi siswa? Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan yang sewajamya atau sebagaimana adanya. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Masalah-masalah emosi siswa yang dihadapi guru pada masing-masing jerjang adalah berbeda-beda, sesuai dengan perfa.mbahan usia, tingkat intelektualitas, dan perkembangan pribadi siswa. 2). Nilai-nilai kecerdasan emosi yang dilatihkan guru pada masing-masing jenjang pendidikan kepada siswa, berbeda-beda sesuai dengan masalah emosi yang dominan terjadi. 3). Cara guru melatih kecerdasan emos1 s1swa disesuaikan dengan masalah masalah emosi siswa yang sedang dihadapi guru. 4). Kekurangan guru dalam melatih kecerdasan emosi siswa terutama terletak pada penerapan metode pelatihan yang kurang mengindahkan prinsip-prinsip pelatihan kecerdasan emosi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sutrisno, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | kejujuran; kecerdasan emosi; kedisiplinan siswa; motivai belajar |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 13:33 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 13:33 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61084 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |