STRATEGI SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGAWAL KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIMA ZAINUL HASAN JEMBER: LESSON LEARNED DARI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Eka Zulfianita, NIM.: 19204082004 (2023) STRATEGI SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGAWAL KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIMA ZAINUL HASAN JEMBER: LESSON LEARNED DARI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGAWAL KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIMA ZAINUL HASAN JEMBER: LESSON LEARNED DARI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19)
19204082004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGAWAL KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIMA ZAINUL HASAN JEMBER: LESSON LEARNED DARI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19)
19204082004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan di era pandemi covid-19 bahwa seluruh kegiatan belajar mengajar untuk sementara waktu dilaksanakan secara daring. Dampak dari pembelajaran secara daring diantaranya adalah bertambahnya angka putus sekolah, penurunan hasil belajar, dan kekerasan pada anak. Dampak penurunan hasil belajar dapat diminimalisir dengan membangun sinergi antara guru dan orang tua dalam mengawal aktifitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengalisis tentang bagaimana strategi sinergi peran guru dan orang tua untuk mengawal keberhasilan belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Peneltian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang dilaksanakan di kelas IVa MIMA Zainul Hasan Jember. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk kemudian diperiksa keabsahannya dengan teknik triangulasi teknik dan sumber. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal: 1) Proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Kelas IVa MIMA Zainul Hasan Jember dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara asynchronous. Guru melakukan perencanaan seperti menyiapkan silabus, RPP dan strategi pembelajaran. Sementara tahap pelaksanaan meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. 2) Pembagian peran antara guru dan orang tua adalah guru menjalankan fungsi sebagai fasilitator di sekolah, pendidik, motivator, pembimbing, dan evaluator. Sedangkan orang tua bertugas untuk memberikan rasa nyaman, sebagai fasilitator di rumah, mendampingi selama proses belajar daring, memberi contoh yang baik. 3) Strategi sinergi peran guru dan orang tua dalam mengawal keberhasilan belajar peserta didik meliputi: strategi koordinasi berkala melalui panggilan Group Whatsapp setiap akhir pekan, strategi kolaborasi: penguatan belajar dengan dua teknik verbal dan non verbal, dan strategi evaluasi dengan melakukan penilaian test dan non test, tindak lanjutnya dengan pemberian reward atau hukuman. Lesson learned dari penelitian ini bahwa sinergi peran guru dan orang tua sangat berdampak terhadap proses keberhasilan peserta didik baik di dalam pembelajaran daring atau pembelajaran luring seperti melakukan sinergi evaluasi antara guru dan murid dengan buku penguhubung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Shaleh, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Peran Orang Tua; strategi sinergi keberhasilan belajar; pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2023 11:05
Last Modified: 11 Oct 2023 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum