ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Eva Farrah Dibba, NIM.: 00410094 (2005) ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK-ASPEK PENDlDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
00410094_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ASPEK-ASPEK PENDlDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
00410094_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Panelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka serta untuk mendeskripsikan aspek-aspek pendidikan agama Islam yang menunjang dalam kegiatan pramuka. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I dan kelas II Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 319 siswa. Teknik sampling dilakukan secara acak (random sampling). Sampcl ditentukan sebanyak 30%, sehingga jumlah sampelnya sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aspek-aspek pendidikan agama Islam yang ada dalam kegiatan pramuka meliputi aspek jasmani, rohani dan aka!. Ketiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang ada pada bagian tubuh manusia, yaitu: badan, ruh dan akal. 2) Materi pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, meliputi: materi aqidah, ibadah dan akhlaq yang kesemuanya itu merupakan bentuk penanaman nilai-nilai ajaran Islam terhadap diri siswa. 3) Pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kegiatan pramuka di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dilaksanakan dalam bentuk kegiatan di dalam ataupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, S.Ag,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: tenaga edukatif; Pendidikan Agama ISlam; siswi; pendidikan kepramukaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 13:54
Last Modified: 10 Oct 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum