PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Anto Hurrohman, NIM.: 00410537 (2005) PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA)
00410537_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA)
00410537_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan pengembangan minat belajar siswa melalui bimbingan dan konseling, indeks prestasi belajar siswa dan ada tidaknya korelasi kedua variabel tersebut di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I, kelas II dan kelas III. Jumlah keseluruhan populasi adalah 268 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara posposional sratified random sampling dengan system ordinal kelipatan 3. ukuran sampel sebanyak 25 % sehingga jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 10 butir angket terdapat 9 butir angket terbukti valid. Dengan demikian terdapat satu butir angket yang invalid. Sedangkan hasil analisis reabilitas angket menunjukkan koefisien reabilitas sebesar 0,896. Jadi, angket tersebut telah reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif, generalitatif dan analisis korelatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Indeks minat siswa SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta pada kategori c.ukup tinggi. Indeks prestasi belajarnya berada pada kategori tinggi, (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengembangan minat belajar siswa melalui BK dengan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Drs.H. Anas Sudijono
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling: prestasi belajar; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2023 14:08
Last Modified: 10 Oct 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum