PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS SCRAMBLE MATERI IPS “PERSITIWA PENTING MENJELANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA” KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI BEDOG

Nur Indah Aryati, NIM.: 19104080041 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS SCRAMBLE MATERI IPS “PERSITIWA PENTING MENJELANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA” KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI BEDOG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS SCRAMBLE MATERI IPS “PERSITIWA PENTING MENJELANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA” KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI BEDOG)
19104080041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS SCRAMBLE MATERI IPS “PERSITIWA PENTING MENJELANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA” KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI BEDOG)
19104080041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran yang aktif membutuhkan perangkat pembelajaran yang matang dari guru. Menentukan media dan metode pembelajaran yang tepat akan berdampak besar pada kesuksesan guru dan siswa mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, penting bagi guru untuk menyesuaikan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan siswa dan materi yang akan ia ajarkan. Terdapat 3 tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pengembangan media flashcard berbasis scramble materi IPS “Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekan Indonesia kelas VI SD N Bedog, (2) mengetahui penilaian pengembangan media flashcard berbasis scramble materi IPS “Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” kelas VI SD N Bedog menurut validator, dan (3) mengetahui respon siswa kelas VI SD N Bedog terhadap pengembangan media flashcard berbasis scramble materi IPS “Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dalam Bahasa Inggris disebut research and development. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Dick and Carry yaitu ADDIE dengan adaptasi langkah penelitian hanya sampai di langkah ke tiga (ADD). ADDIE merupakan kepanjangan dari analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala Likert dan Guttman. Skala Likert digunakan untuk mengetahui penilaian yang diberikan dari ahli media, materi, dan bahasa. Skala Guttman digunakan untuk mengetahui penilaian yang diberikan guru kelas VI dan respon siswa. Hasil penelitian pengembangan media flashcard berbasis scramble materi IPS “Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” Kelas VI SD N Bedog mendapatkan skor persentase 84,2% dari ahli media, 85,5% dari ahli materi, 83,6% dari ahli bahasa, dan 100% dari guru kelas VI SD N Bedog. Berdasarkan persentase tersebut kategori penilaian ahli media, ahli materi, dan guru tergolong sangat layak digunakan sedangkan kategori penilaian ahli bahasa yaitu layak digunakan. Hasil respon siswa kelas VI SD N Bedog mendapatkan persentase 93,8%. Persentase tersebut termasuk dalam kategori respon positif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mendapatkan kesimpulan bahwa pengembangan media flashcard berbasis scramble materi IPS “Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” kelas VI SD N Bedog memenuhi standar kelayakan dan dapat menjadi media pembelajaran IPS di SD N Bedog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, flashcard, scramble, IPS
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2023 16:59
Last Modified: 11 Oct 2023 16:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum