HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD NEGERI 2 BENGLE KABUPATEN BOYOLALI

Fitri Sari, NIM.: 19104010030 (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD NEGERI 2 BENGLE KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD NEGERI 2 BENGLE KABUPATEN BOYOLALI)
19104010030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD NEGERI 2 BENGLE KABUPATEN BOYOLALI)
19104010030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kedisiplinan dalam belajar. Dalam hal belajar tidak semua siswa memiliki kecakapan mengenai cara belajar. Siswa yang memiliki disiplin belajar yang baik tidak akan melakukan pelanggaran-pelanggaran yang ada di sekolah. Salah satu upaya yang dapat di lakukan untuk mencegah hal itu yakni dengan kedisiplinan guru. Pribadi guru memilikki andil yang sangat besar terhadap pembentukan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tinkat kompetensi kepribadian guru PAI SD N 2 Bengle Kabupaten Boyolali, untuk mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SD N 2 Bengle Kabupaten Boyolali, dan untuk menguji secara empiris hubungan kompetensi kepribadian guru PAI dengan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD N 2 Bengle Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan Pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD N 2 bengle kabupaten boyolali yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang telah diperoleh adalah menggunakan statistik deskriptif. Untuk bisa menggunakan teknik tersebut diperlukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian ini (1) Kompetensi kepribadian guru PAI diketahui nilai rata-rata mean sebesar 65,656 dengan satndar deviasi sebesar 6, 15713 secara umum rata-rata kompetensi kepribadian guru PAI termasuk dalam kategori sedang. (2) Kedisiplinan belajar siswa diketahui nilai rata-rata mean sebesar 46,4375 dengan standar deviasi sebesar 5,62218 Secara umum rata-rata kedisiplinan belajar siswa termasuk dalam kategori sedang. (3) ada hubungan yang positif antara kompetensi kepribadian Guru dengan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas V SD Negeri 2 Bengle Kabupaten Boyolali yang mana dibuktikan dengan ( = 0,389, p = 0,028 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi.M.A
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian. Kedisiplinan Belajar, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:37
Last Modified: 11 Oct 2023 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum