MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (STUDI MULTI KASUS DI KABUPATEN DEMAK, KABUPATEN SLEMAN, DAN KABUPATEN KEDIRI)

M.Ihyaul Ulum, NIM.: 19104010034 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (STUDI MULTI KASUS DI KABUPATEN DEMAK, KABUPATEN SLEMAN, DAN KABUPATEN KEDIRI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (STUDI MULTI KASUS DI KABUPATEN DEMAK, KABUPATEN SLEMAN, DAN KABUPATEN KEDIRI))
19104010034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (STUDI MULTI KASUS DI KABUPATEN DEMAK, KABUPATEN SLEMAN, DAN KABUPATEN KEDIRI))
19104010034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) adalah lembaga pendidikan non formal berbasis keagamaan sebagai pelengkap bagi siswa Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat maupun anak usia pendidikan setingkat. Latar belakang munculnya penelitian ini adalah bahwasanya dalam pelaksanaan kurikulum, setiap madrasah menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi di daerah tersebut. Sehingga masing-masing madrasah mempunyai karakteristik tersendiri dalam memanajemen kurikulum di madrasah. Faktor-faktor yang terjadi di daerah tersebut tentu akan sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan pembelajaran di madrasah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui proses manajemen kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA), 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pada proses manajemen kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA), 3) mengetahui solusi meningkatkan efektifitas manajemen kurikulum di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan manajemen pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Mubtadiin Kabupaten Demak, Madrasah Diniyah Takmiliyah PAMABA Kabupaten Sleman, dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Mambaul Ulum Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kepercayaan, keteralihan, kepastian, dan ketergantungan. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses manajemen yang terjadi di setiap madrasah mempunyai karakteristik tersendiri, 2) masing-masing madrasah mempunyai faktor pendukung dan penghambat yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi madrasah dan masyarakat setempat, 3) solusi untuk meningkatkan efektifitas manajemen kurikulum di sesuaikan dengan kendala dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat di masing-masing madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, kurikulum, Madrasah Diniyah Takmiliyah
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:44
Last Modified: 11 Oct 2023 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum