PROBLEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERMASALAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN BANTUL

Siti Khomsatun, NIM.: 19104010035 (2023) PROBLEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERMASALAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERMASALAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN BANTUL)
19104010035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERMASALAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN BANTUL)
19104010035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya permasalahan dalam penerapan pendidikan karakter di MI Ma’arif Sambeng Srandakan Bantul. Namun demikian, masih dijumpai beberapa permasalahan sehingga penerapan pendidikan karakter di MI Ma’arif Sambeng belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti masalah yang dihadapi MI Ma’arif Sambeng dan faktor yang melatarbelakangi adanya masalah tersebut. Selain itu, dalam penelitian ini juga meneliti terkait upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan karakter siswa di MI Ma’arif Sambeng. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Masalah yang dihadapi dalam MI Ma’arif Sambeng dalam penerapan karakter religius adalah kurangnya partisipasi kesadaran siswa dalam kegiatan pembiasaan, dan terbatasnya sarana sekolah; sedangkan masalah dalam penerapan karakter rasa ingin tahu adalah rendahnya rasa percaya diri dan tidak lancarnya peserta didik dalam membaca karena kurangnya suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu. Terdapat dua faktor yang melatarbelakangi adanya masalah tersebut di MI Ma’arif Sambeng yaitu faktor lingkungan keluarga dikarenakan kurangnya kesadaran orangtua terkait pendidikan karakter dan faktor lingkungan sekolah dikarenakan terbatasnya sarana prasarana sekolah. 2) Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan karakter siswa di MI Ma’arif Sambeng diantaranya: a) penanaman kegiatan pembiasaan, b) penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, c) kegiatan literasi, dan d) koordinasi dengan orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:48
Last Modified: 11 Oct 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum