RELEVANSI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Telaah Kurikulum Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah)

UJANG KUSNADI, NIM. 99424411 (2004) RELEVANSI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Telaah Kurikulum Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Telaah Kurikulum Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah))
99424411_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Telaah Kurikulum Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah))
99424411_BAB II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengungkap relevansi antara Contextual Teaching and Learning dengan pernbelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dengan rnenelaah konsep kurikulurn bahasa Arab Berbasis Kornpetensi. Untuk rnelakukan kajian ini digunakan pendekatan rasionalistik, yaitu berpikir yang buk:an hanya sekedar penggunaan rasio, rnelainkan pernaknaan intelektualitas yang dibangun atas kernarnpuan argurnentasi secara logik. Pendekatan ini dipilih karena dalarn penelitian ini rnernerlukan eksplorasi dan kemarnpuan argumentasi yang rnernadai. Sebagai surnber utamanya adalah bahan perpustakaan yang disebut sebagai metode dokurnentasi (library research) yaitu penelitian yang menggunakan cara untuk rnendapatkan informasi dengan mernanfaatkan fasilitas yang ada dalarn perpustakaan seperti buku-buk:u, majalah, dokumen, catatan, kisah-kisah dan sejarah .. Untuk rnenganalisis data digunakan deskriptif analitis, yaitu setelah data terkurnpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan rnasalah yang dibahas, kernudian dianalisis isinya (content analysis), dibandingkan dengan data yang lainnya, kemudian diinterpretasikan dan akhimya diberi kesimpulan. Kemudian dalam rnenganalisis data, penyusun rnenggunakan alur berpikir deduktif, yaitu kerangka berfikir yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya urnum rnenuju pada hal-hal yang khusus. Langkah-langkah analisis ini dilakukan rnelalui tahap deskriptif, komparatif, interpretative, dan conclusion. Hasil analisis rnengungk:apkan bahwa terdapat relevansi yang cukup signifikan antara CTL dengan Pernbelajaran Bahasa Arab Berbasis kornpetensi. Relevansi CTL dengan tujuan terletak pada unsur konstruk:tivitas, produk:tifitas, fleksibilitas, dan relevansi. Tujuan pernbelajaran bahasa Arab dalarn KBK lebih praktis dan kontekstual bagi siswa Madrasah Aliyah., terutama pada prioritas kompetensi rnembaca. Relevansi CTL dengan Materi kurang terdapat relevansi karena materi terlalu padat dan abstrak. Relevansi dengan metode terletak pada penerapan tujuh komponen CTL yaitu konstruktivisrne, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflecting dan authentic assessment. Sedangkan relevansi Evaluasi menunjukkan pentingnya penggunaan sistem penilaian porto folio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin A. M.Ag
Uncontrolled Keywords: belajar; pembelajaran kontekstual; CTL; kurikulum
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:48
Last Modified: 02 Nov 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum