KERUKUNAN HIDUP ANTARUMAT BERAGAMA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Azhar Surat Al-Mumtahanah Ayat: 8 - 9)

Moh. Suhendra, NIM. 99414581 (2004) KERUKUNAN HIDUP ANTARUMAT BERAGAMA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Azhar Surat Al-Mumtahanah Ayat: 8 - 9). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERUKUNAN HID UP ANT AR UMA T BERAGAMA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Azhar Surat Al-Mumtahanah Ayat: 8 - 9))
99414581_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KERUKUNAN HID UP ANT AR UMA T BERAGAMA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Tafsir Al-Azhar Surat Al-Mumtahanah Ayat: 8 - 9))
99414581_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ajaran al-Qur'an tentang pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama ditunjukan agar perbedaan kepercayaan atau agama yang mereka anut tidaklah menjadi penghalang untuk berbuat baik kepada orang lain Bahkan sebaliknya ajaran agama supaya dijadikan ajang berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan, tolong-menolong dan berlaku adil. Kerukunan hidup antar umat beragama adalah kesadaran seseorang dalam menjalankan selumh aktifitas dalam fongsi hidupnya berdasarkan pada nilai-nilai dan nonna-nonna agama supaya berpegang teguh kepada keimanan dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yakni Allah SWT, menjalankan ibadah sebagai realitas dan aktifitas dari keimanan serta kesadaran sikap dalam bertingkah laku sesuai dengan dasar-dasar akhlakul-karimah baik dalam hubungan dengan Tuhan maupun terhadap sesama manusia yang berlainan agama dengan tetap menghonnati dan berlaku adil. Dalam peran pengaJaran Pendidikan Agama Islam mengenai pengembangan kerukunan hidup antar wnat beragama, hal ini tidak lepas dari keseluruhan proses pengajaran pendidikan agama Islam itu sendiri. Segi kurikulum, materi, metode serta sistem yang dipakai dalam pendidikan Islam perlu senantiasa merujuk pada perkembangan kehidupan masyarakat yang terjadi sekarang ini. Dalam hal ini, pengembangan kerukunan hidup umat beragama dalam dunia pendidikan tidak dapat terlepas dari pcngajaran nilai-nilai tmiversal tmtuk membentuk manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebagai khalifah Allah di muka bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karwadi, M,Ag
Uncontrolled Keywords: Kerukunan hidup antarumat beragama, pengembangan pedidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:07
Last Modified: 11 Oct 2023 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum