PENANAMAN KARAKTER SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

M. Salman Ghozali, NIM.: 19104010043 (2023) PENANAMAN KARAKTER SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa dalam pendidikan sering didapati permasalahan rendahnya tingkat sopan santun peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya penanaman karakter santun pada peserta didik. Penanaman karakter tersebut dapat dilaksanakan melalui pembelajaran Akidah Akhlak karena secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi peserta didik untuk mempraktekkan al-akhlak al-karimah dan adab Islami dalam kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 3 Bantul, serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penanaman karakter di MIN 3 Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang berlatar belakang di MIN 3 Bantul, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Akidah Akhlak memuat tiga tujuan utama yaitu aspek akidah, aspek akhlak, serta keteladanan. Dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 3 Bantul masih menggunakan kurikulum 2013. Metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu metode discovery, tanya jawab, diskusi kelompok, serta metode penugasan. Media yang digunakan yaitu LCD proyektor serta buku-buku yang ada di perpustakaan MIN 3 Bantul. 2) Penanaman karakter santun pada peserta didik kelas III MIN 3 Bantul dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode, antara lain metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan, serta disampaikan melalui materi pembelajaran. Karakter santun yang ditanamkan pada peserta didik yaitu santun terhadap diri sendiri, santun terhadap guru dan orang tua, santun terhadap teman, serta santun terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Penanaman Karakter, Sifat Santun
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:04
Last Modified: 11 Oct 2023 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum